Programmer: Definisi, Tanggung Jawab, Tugas, dan Gaji!

Ilustrasi Programmer
Ilustrasi Programmer

Berkembangnya teknologi membuka kesempatan lapangan kerja bagi orang-orang di zaman sekarang. Saat ini banyak sekali perusahaan atau startup yang membutuhkan pekerja untuk membuat dan mengembangkan suatu teknologi. Misalnya salah satu diantaranya adalah profesi programmer. 

Melihat trendnya yang terus berkembang, salah satu pekerjaan di bidang IT ini sekarang merupakan salah satu profesi yang paling diminati oleh kalangan muda. Anggapan seperti mempunyai prospek masa depan bahkan kata “keren” dan “gaji besar” sering sekali dilontarkan kepada programmer. Hal ini tentu menarik perhatian! Yuk cari tahu lebih lanjut melalui artikel ini!

A. Apa itu Programmer:

Programmer merupakan pekerjaan atau profesi yang memiliki tanggung jawab untuk merancang sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman. Namun, orang yang memiliki keahlian menulis kode program atau syntax menjadi sebuah program juga dapat disebut sebagai programmer.

Ada juga beberapa jenis bahasa pemrograman yang sering digunakan antara lain Java, Python, PHP, Javascript, dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin terjun ke dunia ini, maka kamu perlu mengetahui apa saja software atau sistem yang biasa digunakan, seperti sistem operasi, aplikasi, dan website, tentunya semua itu dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman.

B. Tugas Programmer:

Nah, berikut adalah beberapa tugas lain yang menjadi kewajiban.

  • Memodelkan atau merancang sistem seperti flowchart, ERD, UML, dan sebagainya
  • Mendeteksi bug atau debugging program
  • Melakukan pengujian atau testing program
  • Melakukan analisis kebutuhan
  • Menuliskan kode program atau coding menggunakan bahasa seperti, Javascript, CSS, dan lain-lain.

C. Jenis Programmer

1. Programmer Web

Jenis ini sangat diminati oleh perusahaan atau startup. Sebab, hampir semua perusahaan mempunyai web dan tidak sembarang orang dapat mengelola sebuah web karena dibutuhkan tenaga ahli agar menjamin mutu kualitas web tersebut.

Tugas jenis ini adalah berfokus mengembangkan situs internet dan website, seperti pembuatan website toko online, sosmed, layanan service, dan lainnya. Seorang web programmer juga dapat mengoperasikan database pada sebuah website.

2. Programmer Aplikasi

Pekerjaannya biasanya membuat aplikasi pada komputer maupun smartphone. Contohnya aplikasi yang terinstal di desktop mu, seperti antivirus, browser, tools-tools, dll. Ada juga di smartphone milikmu, seperti aplikasi (Android/ iOS), game, sosmed yang biasa kamu unduh di Playstore maupun Appstore.

Prospek jenis yang satu ini cukup menjanjikan. Pasalnya, hampir semua orang mempunyai smartphone. Inilah alasan utama kenapa orang berlomba-lomba ingin menjadi programmer Android atau sebagainya.

3. Programmer Embedded System

Pekerjaannya adalah menulis source code sistem untuk mengontrol peralatan rumah/elektronik. Sistem tertanam digunakan dalam berbagai macam benda yang berada di dekat kamu seperti ponsel, kamera digital, remote control, mesin cuci, dll.

D. Skill Programmer

Menurut PayScale, ada beberapa skill dasar yang perlu dimiliki oleh seorang programmer yang akan menarik minat sebuah perusahaan. Berikut daftarnya.

1. Mampu menggunakan Linux

Linux adalah salah satu sistem operasi perangkat lunak.

Meski awalnya dikembangkan untuk komputer pribadi, Linux mampu sekarang beroperasi pada lebih banyak platform daripada sistem lainnya. Aksesibilitas inilah yang menjadi menarik.

Selain itu, Linux adalah sistem operasi yang aman.

Hal ini bisa dilihat dari proses manajemen paket, konsep repository, dan beberapa fitur di dalam Linux yang membuatnya jauh lebih aman ketimbang sistem operasi lain, seperti Windows.

2. Memahami dan menulis via C++

C ++ meletakkan dasar bahasa pemrograman untuk bahasa berikutnya, seperti C #, D, dan Java.

Banyak programmer menggunakan C ++ ketika merancang infrastruktur perangkat lunak dan aplikasi terbatas sumber daya, seperti aplikasi desktop atau server e-commerce. 

Secara umum, C++ memberikan keuntungan karena syntax yang digunakannya amat simpel.

Selain itu, bahasa pemrograman ini unggul dibandingkan yang lain dalam memberikan kinerja dan menggunakan sumber daya sistem secara efisien.

3. Kerja sama tim

Membuat set instruksi dan bekerja dalam waktu yang cepat membuat tugas programmer jadi sulit.

Hal tersebut lantas membuat setiap perusahaan menerapkan aturan pembagian bagian untuk programmer dalam satu set instruksi.

Membagi setiap set instruksi ke banyak orang jelas tidak mudah.

Mereka lantas dituntut untuk memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim agar mampu menyamakan visi dan menyelesaikan setiap set instruksi dengan sama baiknya.

4. Penyelesai masalah

Ada kalanya setiap set instruksi yang dibuat berjalan sulit. Ada saat di mana instruksi tidak bisa dijalankan, ada kalanya pula pembuatan instruksi memakan waktu yang amat banyak.

Oleh karena itu, dibutuhkan orang yang mampu menyelesaikan setiap masalah.

Tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan setiap masalah. Mereka juga harus memiliki sifat open minded dan sabar.

Pasalnya, ada kalanya apa yang sudah dibuat mendapat kritikan dan memaksa mereka menulis ulang kode.

E. Gaji Programmer

Saat ini menjadi programmer adalah profesi yang diidamkan banyak orang. Hal tersebut dikarenakan gajinya sangat menjanjikan, namun tergantung dengan skill yang dimiliki sendiri.

Untuk gaji junior biasanya berkisar antara 4-8 juta. Sedangkan untuk senior dapat mencapai 8-20 juta, tentunya harus dengan skill dan pengalaman yang sudah mumpuni.

Nah di atas tadi adalah penjelasan-penjelasan secara lebih panjang lagi mengenai programmer. Namun alangkah baiknya teman-teman jika memang ingin fokus menjadi programmer, bisa menguasai lebih banyak lagi untuk meningkatkan skill teman-teman! 

Kamu masih ingin tahu perbedaan developer IT dan profesi ini? Yuk simak di artikel ini!

Leave a Reply