Mempersiapkan CV Lamaran Kerja – Bonus Contoh Menarik

CV atau curriculum vitae dapat dikatakan sebagai salah satu alat perang yang paling penting ketika terjun ke medan perang. CV yang dikirimkan ini merupakan hal yang akan dipertimbangkan dan dapat menentukan kesan pertama dari HRD. Oleh karena itu mengapa CV lamaran kerja sangat penting sekali.

Pengertian CV lamaran kerja

CV atau resume dalam konteks pekerjaan adalah file yang berisikan ringkasan informasi mengenai identitas kamu dan pencapaian-pencapaian hidupmu dari mulai pendidikan hingga pekerjaan. CV lamaran kerja yang baik harus dapat meyakinkan prekrut bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan yang dilamar.

Kegunaan CV lamaran kerja

Isi CV lamaran kerja

Isi dari resume ini cukup dituliskan hal-hal yang penting saja. Biasanya berisi sebagai berikut:

1. Data diri

Pertama adalah data diri. Dalam CV, data diri sangat penting sekali karena akan menentukan identitas kamu. Kamu dapat mencantumkan seperti nama lengkap, nomor telepon, alamat email, dan kota/kabupaten kamu tinggal.

2. Tuliskan ringkasan mengenai diri kamu dan karier yang akan kamu minati

Hal kedua setelah menuliskan data diri adalah menuliskan ringkasan diri kamu dan karier yang kamu minati. Kamu dapat menonjolkan kemampuan dan pengalaman kamu di sini secara singkat ditutup dengan minat karier kamu melalui beberapa kalimat dan lebih baik 1 paragraf saja.

3. Data pengalaman pekerjaan

Ketiga adalah data pengalaman pekerjaan. Jika kamu sudah bekerja dan mempunyai pengalaman pekerjaan, kamu dapat menulis pengalaman pekerjaan dari yang paling baru ke yang paling lama. Tuliskan juga poin-poin yang menarik, lebih baik lagi ketika ada hasil dan disampaikan dalam bentuk angka.

4. Data pengalaman organisasi

Pengalaman orgnasisai dapat kamu tulis juga, baik yang sudah mempunyai pengalaman kerja atau belum. Bagi yang belum mempunyai pengalaman kerja tentunya ini dapat menjadi poin tambah bagi kamu, meskipun misalnya saat ini kamu masih lulusan baru dan sedang proses mencari pekerjaan. Lalu bagaimana jika kamu tidak mempunyai pengalaman organisasi?

Baca di sini ya: 7 Hal Penting Bikin CV Fresh Graduate Dilirik Perusahaan

5. Data pengalaman pendidikan

Hal kelima yang perlu ditulis adalah pengalaman pendidikan. Tuliskan saja pendidikan terakhir. Misalnya kamu lulusan S1, maka tulis saja nama universitas/kampus kamu, IPK, dan tahun masuk-lulus. Jika kamu masih kuliah, tulis saja universitas/kampus kamu dan “tahun masuk-saat ini”. Jika kamu lulusan SMA/SMK, tuliskan saja nama SMA/SMK kamu, tahun masuk dan tahun kelulusannya.

6. Keahlian atau skill

Keenam adalah kamu harus menuliskan keahlian yang kamu miliki. Keahlian yang dapat ditulis bisa berupa soft skill dan juga hard skill. Tidak perlu menggunakan skala dari 0-10 atau sejenisnya. Tuliskan saja kemampuan-kemampuan yang menurut kamu sudah dikuasai dan dapat diberikan kepada perusahaan. Untuk lebih jelas mengenai pengertian soft skill dan hard skill kamu dapat membaca melalui artikel berikut:

Baca: Soft Skill dan Hard Skill dalam CV

Yang tidak perlu ada di CV lamaran kerja

1. Informasi yang palsu

Kejujuran merupakan kunci yang paling penting dalam mengisi CV kamu. Kamu sangat perlu menuliskan informasi yang sebenar-benarnya, relevan, dan jujur agar rekruter dapat menilai sesuai yang sudah kamu tulisan dan pastinya ketika kamu ditanyakan mengenai hal-hal yang adala di dalam CV lamaran kerja kamu maka kamu tidak akan panik dan bingung.

2. Informasi yang terlalu panjang

Isi saja CV lamaran kerja kamu secara singkat, padat, dan jelas dengan informasi-informasi yang relevan dan sesuai. Hindari menggunakan kata-kata yang tidak efektif sehingga nantinya akan berakibat terlalu panjang.

3. Menggunakan bahasa yang campur-campur

Tentukan bahasa apa yang ingin kamu gunakan. Jika ingin menggunakan bahasa Indonesia, maka gunakan lah bahasa Indonesia dari awal hingga akhir. Jika ingin menggunakan bahasa Inggris, gunakan juga dai awal hingga akhir. Sehingga rekruter akan melihat bahwa kamu cukup konsisten. Jangan mencampuri bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam CV kamu.

4. Desain yang berlebihan

Gunakan saja desain-desain yang sederhana dan dapat dibaca oleh rekruter. Tidak perlu menggunakan desain yang terlalu ramai sehingga nantinya akan mempersulit rekruter dalam menyeleksi CV kamu.

Format dan desain CV lamaran kerja yang baik

1. Format CV

  • Format CV Kombinasi – Format CV yang memungkinkan kamu tunuk menuliskan pengalaman kerja sekaligus menunjukkan skill yang dimiliki.
  • Format CV Fungsional – Format CV yang menunjukkan skill yang dimiliki. Ditulis setelah bagian informasi pribadi.
  • Format CV Kronologi Terbalik – Format CV yang menuliskan pengalaman kerja terlebih dahulu dengan susuan urutan yang terbalik, yang paling baru dituliskan paling atas lalu pengalaman-pengalaman sebelumnya.

(Selengkapnya baca di sini: 3 Tipe Format CV Lamaran Kerja)

2. Sebaiknya tidak lebih dari 2 halaman

Dalam pembuatan CV, kamu harus mengetahui bahwa lebih panjang bukan berarti lebih baik. CV yang padat, singkat, dan relevan dengan pekerjaan akan lebih memudahkan rekruter dan kemungkinan untuk lolos tahap awal lebih besar.

3. Menyimpan CV lamaran kerja dalam bentuk PDF

Bentuk CV PDF akan membuat format file kamu tidak akan berubah ketika dibuka oleh rekruter, oleh karena itu format PDF ini paling aman dan dapat dibuka di berbagai perangkat.

4. Jika untuk dikirimkan secara offline harus bersih dan rapi

Jika kamu ingin mengirimkan CV secara offline, pastikan CV kamu bersih dan rapi.

Contoh-contoh CV lamaran kerja yang menarik

CV lamaran kerja kreatif

Contoh CV kreatif
Contoh CV kreatif
Contoh CV kreatif
Contoh CV kreatif

CV lamaran kerja ATS friendly

CV Kerja ATS Friendly
CV Kerja ATS Friendly

Setelah mengetahui mengenai pengertian, isi, dan contoh-contoh dari CV kreatif dan ATS friendly. Jangan lupa untuk merapikan berkas-berkas yang diperlukan ketika melamar pekerjaan. Kalian bisa membuat dan merapikan keperluan kerja kalian seperti CV, portofolio, dan pembuatan surat-surat melalui GetHired! Sekarang sedang promo untuk akses premium loh! Yuk langsung aja daftar sekarang atau kunjungi link berikut ya!

GetHired promo lifetime premium access

Leave a Reply