Portofolio Lamaran Kerja – Tips dan Contoh

portofolio lamaran kerja
portofolio lamaran kerja

Apa itu portofolio lamaran kerja?

Seperti yang sudah diketahui atau sudah membaca dari berbagai sumber, portofolio lamaran kerja adalah kumpulan informasi yang memperlihatkan hasil karya, pendidikan, kemampuan, pelatihan, organisasi serta pengalaman kerja yang pernah diikuti oleh seseorang. Contoh portofolio lamaran kerja juga sudah banyak tersebar di mana-mana.

Apa perbedaan portofolio lamaran kerja dan CV?

A. Portofolio

Secara khusus, portofolio berguna untuk menampilkan kemampuan kita yang sudah jadi dalam bentuk karya dikemas semenarik dan sebaik mungkin dan disampaikan melalui file melalui gambaran visual. Biasanya juada ada penjelasan mengenai periode, tujuan, dan hasil dari karya tersebut.

B. CV

CV biasanya akan menjelaskan mengenai tujuan karier, pengalaman kerja, dan kemampuan yang bisa diberikan secara umum. Pada CV, kamu akan melampirkan semua kegiatan dan pengalaman akademik dan nonakademik. Sementara pada portofolio, lebih bersifat spesifik dan terkhusus yang hanya ditujukan hanya untuk satu jenis pekerjaan dan posisi tertentu saja.

Cara membuat portofolio lamaran kerja

– Kumpulkan koleksi karya yang pernah kamu kerjakan

Hal pertama yang terpenting adalah kumpulan hasil karyamu. Cantumkan hasil kerja, seperti karya, proyek, ataupun pencapaian selama kuliah ataupun kerja.

Pilih hasil kerja yang terbaik, biasanya karya yang memuaskan bagimu. Pasalnya, hasil kerja yang memuaskan dan maksimal akan terlihat menonjol di mata rekurter. Selain itu, kamu pun bisa menjelaskan secara mendetail mengapa karya tersebut menjadi salah satu yang terbaik.

Jangan lupa untuk memberikan penjelasan untuk tiap karya yang dicantumkan, seperti nama karya, tujuan, dan hasilnya. Hal ini agar membantu rekruter mudah membaca portofolio kamu.

– Buatlah struktur portofolio lamaran kerja kamu

Setelah kamu mengumpulkan hasil karya kamu, selanjutnya adalah menyusun struktur dari portfolio online kamu. Pada dasarnya, ada empat elemen utama, yaitu:

  • Perkenalan (informasi diri)
  • Pencapaian, proyek atau karya-karya kamu
  • Pekerjaan dan status kerja (termasuk apa yang bisa kamu tawarkan kepada perusahaan)
  • Kontak informasi

Jangan lupa pikirkan juga desain dan layout portofolio kerja kamu. Kamu bisa menentukan color palette dan style untuk memberikan kesan yang unik pada HRD.

– Tentukan desain untuk portofolio lamaran kerja

Desain dan color palette portofolio untuk lamaran kerja penting untuk menarik perhatian para rekruter. Pilihlah desain yang sesuai dengan kesan yang ingin kamu sampaikan. Pastikan desain lamaran portofoliomu sederhana, rapih, dan tidak bertele-tele karena kamu akan fokuskan portofolio kamu pada kontennya.

– Setiap karya harus jelas dari tujuan hingga hasil

Pastikan cek ulang terhadap relevansi konten atau karya yang akan dicantumkan pada portofolio kamu. Pastikan tujuan dan hasilnya dapat dirangkai dan ditulis sebaik mungkin.

– Jika sulit membuat desain secara manual, baca artikel ini sampai selesai

Kamu kesulitan dalam membuat desain secara manual? Tidak perlu khawatir, maka kamu dapat membaca artikel ini sampai selesai karena akan kami berikan rekomendasi tempat untuk membuat portofolio yang menarik dan gratis.

Tips membuat portofolio lamaran kerja

– Tunjukan kemampuan terbaik yang kamu miliki

Kamu tidak perlu menunjukkan semua hasil karya kamu. Pastikan hanya menunjukkan kemampuan yang terbaik pada portofolio kerja kamu karena biasanya rekruter tidak memiliki banyak waktu untuk melihat seluruh konten portofolio satu per satu. Jadi sebaiknya tekankan kualitas dibanding kuantitas.

– Susun informasi berdasarkan kategori skill

Untuk membantu rekrut mudah membaca portofolio kamu, maka cobalah untuk mengelompokkannya berdasarkan kategori. Ketika kamu mempunyai banyak konten, menggabungkan seluruh konten ke dalam satu halaman dapat terlihat berantakan.

Selain itu, kategori ini juga dapat menunjukkan macam-macam area of expertise alias berbagai bidang keahlian kamu.

– Gunakan desain yang menarik dan sesuai branding kamu

Kamu bisa memulainya dengan mencari desain yang cocok dengan hasil kerjamu selama ini dan juga sesuai kepribadian kamu.

Carilah collor pallete warna yang tepat, misalnya warna yang tidak terlalu terang sampai “menyakiti” mata. Lalu, tambahkan elemen multimedia, seperti gambar, foto, video, dan grafik. Jangan hanya teks.

– Cantumkan link hasil karya kamu jika berbentuk aset digital

Jika ingin menambahkan link, pastikan dapat berjalan dengan lancar dan ke halaman yang memang ingin ditunjukkan. Kamu harus sangat memperhatikan link-link yang ingin kamu cantumkan dalam portofolio ini ya!

Contoh portofolio lamaran kerja

– Portofolio lamaran kerja Desain grafis

– Portofolio lamaran kerja UI desain

– Portofolio lamaran kerja Programmer

– Portofolio lamaran kerja Photographer

Situs membuat portofolio lamaran kerja gratis

1. Canva

Melalui situs Canva, kamu tinggal daftar atau masuk menggunakan akun yang sudah didaftarkan. Setelahnya dapat menggunakan fitur template yang sudah disediakan dan bisa memilih portofolio.

2. Cakeresume

Cakeresume merupakan situs yang menyediakan pembuatan portofolio. Kamu dapat langsung saja masuk dan daftar jika belum mempunyai akunnya lalu buatlah portofolio yang ingin dibuat.

3. GetHired

GetHired merupakan platform yang dapat membantu kamu dalam mempersiapkan berkas-berkas kerja kamu, salah satunya adalah portofolio. Langkah awalnya adalah kamu harus membuat akun atau masuk menggunakan akun yang sudah kamu buat sebelumnya lalu mengisi data-data yang diperlukan. Setelahnya kamu dapat mengisi bagian portofolio yang dapat kamu pilih di bagian halaman muka GetHired.

Setelah mengetahui portofolio, perbedannya, tips membuatnya, dan contoh portofolio lamaran kerja yang baik dan menarik. Jangan lupa untuk merapikan berkas-berkas yang diperlukan ketika melamar pekerjaan. Kalian bisa membuat dan merapikan keperluan kerja kalian seperti CV, portofolio, dan pembuatan surat-surat melalui GetHired! Sekarang sedang promo untuk akses premium loh! Yuk langsung aja daftar sekarang atau kunjungi link berikut ya!

Leave a Reply

Leave a Reply