Cara Membuat CV untuk Lulusan SMA

Setelah selesai dari masa pendidkan SMA, ada beberapa pilihan yang dapat diambil oleh para pelajar. Bisa melanjutkan menuju jenjang perkuliahan atau fokus mencari pekerjaan. Ketika melanjutkan untuk fokus mencari kerja maka biasanya dokumen yang paling diperlukan adalah CV, terutama lulusan SMA.

Dalam CV SMA kamu dapat mencantumkan pengalaman organisasi seperti OSIS atau pengalaman-pengalaman kamu ketika menjadi panitia dalam kegiatan sekolah.

Bagi kamu yang setelah lulus ingin langsung bekerja, mungkin hal membuat CV ini merupakan pertama kalinya. Pasti akan merasa kebingungan dan bahkan tidak tahu ingin memulai dari mana. Untuk itu dalam artikel ini akan lebih dijelaskan lebih detail mengenai CV untuk lulusan SMA dari tips hingga cara membuatnya!

Baca juga: 7 Hal Penting Yang Bikin CV Fresh Graduate Dapat Dilirik Perusahaan

Apa itu CV?

Secara singkat pengertian CV adalah sebuah dokumen yang menjelaskan mengenai perjalanan karier kamu atau jika sebagai lulusan baru bahasa lebih mudahnya merupakan dokumentasi yang mencatat apa saja yang kamu telah lakukan dan dikemas dengan bahasa yang profesional.

Bagaimana tips membuat CV untuk lulusan SMA

Walaupun kamu masih lulusan SMA, bukan berarti kamu tidak dapat membuat CV lulusan SMA yang menarik. Beberapa tips ini mungkin dapat membantu kamu untuk membuat CV yang menarik.

– Menulis data diri dengan jelas

Tuliskan data diri yang penting dan seperlunya saja. Misalnya tuliskan saja nama lengkap, nomor telepon/nomor WhatsApp, alamat email yang profesional, dan kota/kabupaten kamu tinggal. Tidak perlu tuliskan alamat secara lengkap ya.

Kamu juga bisa menuliskan media sosial yang kamu miliki, dalam hal ini adalah LinkedIn, tambahkan juga ya pada CV kamu bahwa kamu adalah lullusan SMA. Pastikan nomor telepon dan alamat email kamu benar, sehingga nantinya akan memudahkan rekruter untuk menghubungi kamu.

Baca juga: Melamar Lamaran Kerja Lewat Email! Ikuti Caranya Berikut Ini!

– Deskripsikan siapa dirimu dan cantumkan minatmu

Deskripsikan diri kamu dalam satu paragraf saja. Bagian ini biasanya berguna untuk rekruter mengenal kamu dan bagaimana karier yang ingin kamu bangun. Jadi buatlah CV kamu bagian ini menjadi mudah dimengerti dan relevan bagi rekruter.

– Menonjolkan kemampuan diri

Karena status kamu yang masih lulusan SMA dan belum memiliki pengalaman kerja, maka pada bagian ini sangat penting sekali untuk di-highlight atau ditonjolkan sehingga nantinya dapat menjadi nilai tambah bagi dirimu. Kamu bisa menuliskan hard skill dan soft skill kamu pada bagian ini.

Baca juga: Soft Skill dan Hard Skill dalam CV Pengertian Perbedaan dan Contohnya

– Mencantumkan pengalaman organisasi/kepanitiaan

Jika kamu memiliki pengalaman dalam bidang organisasi dan kepanitiaan maka ini perlu sekali kamu cantumkan. Biasanya perusahaan selalu mencari individu yang aktif terlibat di suatu organisasi/kepanitiaan sekolah.

Karena denga partisipasi dalam kegiatan organisasi/kepanitiaan ini, biasanya sudah belajar banyak skill yang relevan di dalam dunia kerja dan menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang dapat bekerja sama di dalam tim. Untuk ini maka penting sekali menuliskan bagian organisasi pada CV untuk lulusan SMA.

Hal yang harus dihindari saat membuat CV lulusan SMA

– Menuliskan informasi yang tidak perlu dan tidak relevan

Misalnya adalah kamu mencantumkan jenis kelamin, suku, agamar, dan ras pada bagian data diri. Sebetulnya ini tidak perlu dicantumkan karena pada dasarnya informasi ini sangat bersifat privasi. Jadi cantumkan saja yang seperlunya dan relevan.

Misalnya lagi kamu mencantumkan kemampuan mekanik padahal kamu ingin melamar sebagai desain grafis atau content creator.

– Bohong terhadap informasi yang dituliskan

Ketika kamu membuat CV, kejujuran merupakan hal yang sangat penting. Kamu harus menulis sejujur mungkin, apa adanya, dan sesuai kenyataan. Jika kamu menulis informasi yang berlebihan tentang kemampuan kamu di dalam CV tidak otomatis membuat kamu akan begitu saja diterima.

Sebaliknya, biasanya rekruter akan menanyakan hal-hal ini dan jika berbohong tentunya dapat menjadi boomerang untuk dirimu sendiri bukan? Jadi sebaiknya buat saja CV apa adanya dan jujur sesuai yang kamu alami, sehingga dapat mudah menjelaskannya ketika menjelaskan kepada rekruter.

– Desain yang terlalu ramai dan mencolok

Hindari penggunaan warna yang terlalu mencolok, grafis yang tidak perlu, dan ukuran atau jenis font yang berbeda-beda. Artikel ini mungkin relevan dan dapat kamu baca: 7 Tips Jitu Membuat CV Menarik agar Dilirik HRD

– Melakukan copy-paste CV tanpa disesuaikan

Sebaiknya ketika kamu melamar ke berbagai perusahaan, kamu dianjurkan untuk menyesuaikan konten yang terdapat dalam CV kamu sesuai dengan industri perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

– Tidak menggunakan bahasa yang konsisten

Hindari penggunaan bahasa campuran. Konsistensi saja menggunakan satu bahasa, baik itu bahasa Indonesia saja atau bahasa Inggris saja. Kamu cukup pilih salah satunya saja.

Cara Membuat CV lulusan SMA

– Perhatikan detail informasi ada di setiap lowongan pekerjaan

Hal ini karena setiap perusahaan pastinya memiliki kualifikasi yang berbeda. Biasanya hal penting yang harus diperhatikan dalam proses melamar kerja adalah sebagai berikut:

  • Kualifikasi umum
    Apakah kamu memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan?
  • Persyaratan
    Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan
  • Informasi tambahan (metode pengumpulan data)
    Perhatikan dan kirimkan lamaran kerja dengan metode yang diminta (misalnya kirim melalui portal job perusahaan atau email. Harus diperhatikan.

– Menulis daftar riwayat hidup untuk lulusan SMA

Tuliskan saja seperti:

  • Nama lengkap
  • No HP/No WhatsApp
  • Deskripsi diri singkat
  • Pendidikan
  • Pengalaman organisasi
  • Kemampuan

– Mempersiapkan surat lamaran kerja lulusan SMA

Bedanya dengan CV adalah bahwa surat lamaran kerja meruapakan surat pengantar dan pernyataan pelamar terhadap motivasinya untuk melamar pekerjaan kira-kira seperti apa beserta daftar dokumen yang dilampirkan.

– Memastikan kelengkapan dokumen

Biasanya dokumen yang diperlukan seperti fotokopi Ijazah SMA, transkrip nilai SMA, selain CV yang dicantumkan pada surat lamaran kerja. Pastikan semuanya dikirimkan secara rapi untuk membuat kamu terlihat profesional dan formal.

– Memperhatikan metode pengumpulan dokumen

Kamu harus memperhatikan pengumpulan berkas lowongan kerja harus dikumpulkan seperti apa. Biasanya informasi ini terdapat di bawah informasi lowongan kerjanya. Baik ketika mengirimkan secara offline atau online, penting bagi kamu untuk tetap menjadi profesionalitas dan formalitas dalam proses lamaran kerja ini.

Contoh CV lulusan SMA yang menarik

CV lulusan SMA
Sumber: cakeresume
CV Lulusan SMA
sumber: cakeresume

Setelah mengetahui mengenai CV untuk lulusan SMA. Jangan lupa untuk merapikan berkas-berkas yang diperlukan ketika melamar pekerjaan. Kamu dapat membuat dan merapikan keperluan kerja kamu seperti CV, portofolio, dan pembuatan surat-surat melalui GetHired! Sekarang sedang promo untuk akses premium loh! Yuk langsung aja daftar sekarang atau kunjungi link berikut ya!

Leave a Reply