Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan – Contoh Menarik

Menulis surat lamaran kerja
Ilustrasi menulis surat lamaran kerja

Kemajuan teknologi membuat proses rekrutmen lebih mudah dengan proses lamaran kerja yang dilakukan secara online. Namun, ternyata masih ada pula yang mewajibkan pelamarnya untuk menulis surat lamaran kerja dengan cara tulis tangan.

Pengertian surat lamaran kerja tulis tangan

Ketika kamu melamar pekerjaan, kamu akan diminta untuk membuat surat lamaran pekerjaan dan juga menyerahkan CV untuk bahan pertimbangan dalam proses rekrutmen.

Surat lamaran kerja ini yang berfungsi untuk menyampaikan maksud tujuan melamar pekerjaan kamu ke perusahaan atau tempat yang kamu lamar.

Surat lamaran kerja sebaiknya dibuat oleh kamu sebagai pelamar. Kamu dapat membuatnya dengan menggunakan kertas HVS yang polos atau dengan folio bergaris.

Fungsi surat lamaran kerja tulis tangan

Setelah mengetahui mengenai surat lamaran kerja yang ditulis tangan maka kamu juga harus mengetahui kira-kira fungsi surat lamaran kerja ini apa saja.

Aturan dari surat lamaran kerja tulis tangan yang masih ada tentunya tidak semata-mata karena hal asal begitu saja tanpa adanya pertimbangan-pertimbangan.

Ketika menulis surat lamaran kerja secara manual, maka perekrut dapat menilai bagaimana karakteristik dari orang yang melamar pekerjaan tersebut berdasarkan cara menulisnya.

Selain itu juga, pelamar akan dinilai mengeluarkan usaha lebih dibandingkan dengan pelamar lain yang menggunakan aplikasi online yang lebih mudah di copy-paste

Poin terakhir adalah surat lamaran kerja yang ditulis dengan rapi tentunya akan mendapatkan nilai lebih di mata perekrut.

Isi surat lamaran kerja tulis tangan

Berikut ini isi dari surat lamaran kerja:

  • Tanggal dibuat dan tempat penulisan surat lamaran
  • Identitas perusahaan yang dilamar (lebih baik lagi jika kamu mengetahui nama perusahaan dan alamat lengkapnya)
  • Salam pembukaan
  • Kata pengantar (1 paragraf saja)
  • Informasi posisi pekerjaan yang kamu lamar
  • Biodata diri secara singkat
  • Informasi pendidikan terakhir (Misalnya kamu lulusan SMA. Maka tulis saja SMA, tidak perlu menyebutkan SD dan SMP)
  • Pengalaman kerja, magang, dan keahlian yang kamu miliki
  • Informasi dokumen yang terlampir
  • Penutup
  • Salam

Format surat lamaran kerja tulis tangan

Format dari surat lamaran kerja dapat ditulis dengan se-fleksibel mungkin. Kamu dapat menambahkan atau mengurangi isi yang menurut kamu tiak perlu atau disesuaikan dengan perusahaan dari posisi yang kamu lamar.

Tips menulis surat lamaran kerja tulis tangan

Ketika membuat surat lamaran kerja tulis tangan, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Menggunakan bahasa Indonesia yang baku

Segala yang berhubungan dengan pekerjaan pasti akan berkaitan dengan sifat-sifat yang resmi. Salah satunya ketika melamar pekerjaan. Kamu dituntut untuk membuat surat yang resmi dan sesuai dengan ejaan yang berlaku dengan bahasa yang baku juga.

Dalam membuat surat lamaran kerja, kamu harus dapat membedakan kata-kata yang baku dan tidak baku. Misalnya hindari menggunakan bahasa gaul, penyebutan nama diri dengan “aku” serta kata-kata lainnya yang tidak resmi dan baku.

2. Pilih warna pena hitam

Pemilihan tinta pena menjadi sangat penting. Umumnya ketika menulis surat lamaran kerja, gunakan saja pena dengan tinta warna hitam.

3. Perhatikan penggunaan huruf kapital

Ketika menulis surat lamaran kerja dengan tulis tangan, kamu dituntut untuk lebih cermat dan teliti. Begitu pula dengan penggunaan huruf kapital. Tidak seperti menggunakan komputer yang biasanya penggunaan huruf kapital dilakukan secara otomatis, maka tidak dengan menulis surat secara manual.

Penting sekali untuk memperhatikan penulisan huruf besar ketika awal kalimat, nama diri, dan bulan.

4. Sebutkan posisi yang ingin dilamar

Sebutkan langsung posisi yang ingin kamu lamar pada perusahaan tersebut. Jangan sampai kamu melupakan dan tidak menulis ini pada surat lamaran kerja kamu. Jika kamu tidak menuliskannya, maka nantinya dikhawatirkan lamaran kamu akan diabaikan begitu saja.

5. Sebutkan referensi informasi lamaran kerja

Maksudnya adalah kamu dapat menyebutkan darimana informasi lowongan kerja kamu dapatkan. Sebutkan secara spesifik, misalnya kamu menemukan informasi lowongan kerja dari media sosial Instagram akun @gethired.id atau lain sebagainya.

6. Perhatikan jenis kertas

Perhatikan penggunaan kertas. Beberapa perusahaan ada yang memberlakukan aturan penggunaan kertas HVS polos bagi para pelamarnya.

Misalnya kamu menggunakan folio bergaris, padahal harusnya HVS polos, maka kemungkinan lamaran kamu akan ditolak atau tidak dijadikan prioritas oleh rekruter.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai perusahaan yang akan kamu lamar, terutama budayanya. Meskipun demikian, ada pula perusahaan yang tidak menerapkan aturan penggunaan kerta ini.

Cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan

Adapun cara membuat surat lamaran kerjanya seperti berikut ini.

  1. Memilih jenis kertas yang sudah disesuaikan dengan tempat melamar pekerjaan
  2. Menyiapkan pulper hitam yang masih banyak tinta dan terbaca
  3. Tulis terlebih dahulu draft/kasaran isi surat di kertas lain dan ketika sudah betul maka salinlah di kertas yang sudah ditentukan
  4. Jika menggunakan HVS polos, maka sisipkan folio bergaris di belakangnya agar tulisan kamu tetap rapi
  5. Mulai dengan menulis isi surat seperti yang sudah disebutkan di atas

Setelah selesai menulisnya, maka periksa kembali tata tulis dan ejaanya. Jika ada kesalahan, hindari menggunakan tipe-x dan lebih baik menulis surat ulang agar lebih rapi.

Baca juga: 3 Contoh Surat Lamaran Kerja Simple

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan

contoh surat lamaran kerja tulis tangan
sumber: cute77.info
contoh surat lamaran kerja tulis tangan
sumber: rajaloker.id
contoh surat lamaran kerja tulis tangan
sumber: contoh-surat.com
contoh surat lamaran kerja tulis tangan
sumber: goodchoice.id

Setelah mengetahui mengenai penjelasan, fungsi, isi, format, tips, cara membuat dan contoh surat lamaran kerja tulis tangan. Jangan lupa untuk merapikan berkas-berkas yang diperlukan ketika melamar pekerjaan kamu di GetHired!

Kamu bisa membuat dan merapikan keperluan kerja seperti CV lamaran kerja, portofolio, dan pembuatan surat-surat melalui GetHired! Sekarang sedang promo untuk akses premium loh! Yuk langsung aja daftar sekarang atau kunjungi link berikut ya!

Leave a Reply