Skill yang Dibutuhkan Tahun 2023

skill yang dibutuhkan tahun 2023
Skill yang dibutuhkan tahun 2023

Majunya perkembangan teknologi membuat seseorang harus siap untuk mengikuti perubahan dan perkembangan zaman, terutama adalah pengetahuan dan skill yang paling dibutuhkan tahun 2023 dan seterusnya. 

Jika tidak ingin belajar dan mengikuti perkembangan zaman, maka kamu akan semakin tertinggal dan pastinya sulit untuk berkembang. Tidak melulu mengenai digital tetapi ada banyak sekali skill yang dibutuhkan. 

Apa itu skill?

Skill atau kemampuan dalam bahasa Indonesianya adalah hal yang dibutuhkan dalam menunjang kesuksesan karier seseorang. Biasanya tidak hanya hard skill saja, tetapi soft skill juga sangat dibutuhkan sebagai penyeimbangnya. 

  • Soft skill
    Secara garis besar soft skill adalah kemampuan yang erat kaitannya dengan kepribadian seseorang yang nantinya menunjukan apakah orang tersebut mampu untuk berinteraksi dengan lingkungannya atau tidak.
  • Hard skill
    Sementara hard skill adalah kemampuan yang lebih cenderung kepada hal-hal yang bersifat spesifik. Biasanya berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Namun tidak perlu khawatir karena kemampuan ini dapat dipelajari, dievaluasi, dan diukur. 

Untuk membaca lebih lengkap mengenai soft skill dan hard skill sampai perbedannya kamu dapat baca di artikel ini.

Apa pentingnya menguasai skill?

Belajar mengenai skill sangat banyak sekali manfaatnya, beberapa manfaat tersebut adalah:

  1. Mengembangkan karier kamu dari yang sekarang sedang dijalani
  2. Semakin cerdas dan meningkatkan daya ingat
  3. Membuka peluang baru
  4. Beradaptasi terhadap perkembangan zaman
  5. Mempunyai hobi baru
  6. Sebagai sense of achievement
  7. Mencegah kamu terhadap rasa bosan
  8. Mempunyai banyak pilihan skill
  9. Kecepatan belajar yang meningkat
  10. Membuat koneksi dan relasi baru 

Skill yang dibutuhkan untuk kerja

Soft skills

  • Mempunyai pemikiran analitis dan inovatif
    Kemampuan yang satu ini dibutuhkan untuk dapat memahami suatu masalah sehingga dapat memunculkan ide dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.
  • Aktif dan mempunyai strategi belajar
    Tidak perlu memiliki kecerdasan tinggi untuk dapat sukses, yang terpenting mau banyak belajar. Kedepannya tuntutan untuk bisa membaca, menulis, diskusi, sampai pemecahan masalah sangat dibutuhkan.
  • Pemecahan masalah yang kompleks
    Kemampuan problem solving juga akan dipertimbangkan untuk merekrut karyawan baru. Kamu harus bisa untuk menganalisis dan mengidentifikasi permasalahan untuk menemukan solusi yang efektif dalam pemecahan masalah tersebut.
  • Berpikir kritis dan analisis
    Kemampuan berpikir kritis akan membuat kamu menjadi bijak dan tepat dalam mengambil keputusan.
  • Mempunyai kreativitas, originalitas, dan inisiatif
    Perusahaan pasti membutuhkan inovasi untuk mengembangkan bisnisnya dan inovasi lahir pasti salah satunya dari pemikiran kreatif dan original dari pemikiran kreatif yang datang dari inisiatif kamu.
  • Kepemimpinan
    Hal yang selalu dibutuhkan adalah kepemimpinan. Seseorang dengan kemampuan leadership yang baik akan mendorong performa yang optimal di dalam timnya.
  • Mahir terhadap teknologi
    Saat ini tuntutan pekerja bertambah yakni untuk mempunyai bekal pengetahuan yang baik dalam teknologi untuk menyempurnakan pemikiran yang inovatif dan kreatif.
  • Desain teknologi dan pemrograman
    Saat ini kebutuhan industri akan talenta IT juga semakin terus dicari. Skill desain teknologi dan pemrograman tidak terlepas dari profesi di saat ini.
  • Daya tahan, mengatur stress, dan fleksibel
    Dalam bekerja pastinya ada tekanan tersendiri, oleh karena itu sebelum nantinya menjadi pekerja atau jika sudah menjadi pekerja, kamu wajib untuk memiliki daya tahan fisik yang baik, pemikiran, dan cara pandang yang luas di dunia kerja.
  • Nalar pikir, merumuskan ide, dan solusi
    Jika kamu mempunyai nalar pikir yang baik, maka kamu tidak hanya bisa menciptakan ide-ide tetapi juga sanggung untuk mengatasi berbagai masalah yang ditemui dengan cara pandang yang berbeda.

Hard skills

  • Digital marketing
    Tren pemasaran mulai terus meningkat melalui internet. Misalnya saja kemampuan SEO, SEM, Digital Ads, Content Marketing, hingga Analisis Data menjadi skill yang dibutuhkan pada tahun 2023.
  • UX Design
    Menurut laporan money CNN yang dikutip dari careerfoundry bahwa permintaan akan keahlian UX desain ini tumbuh sebesar 18% dari tahun 2015 hingga 2025. Kemampuan yang harus dipahami seperti user experience riset, wireframing, dan UI prototyping, interaction design, dan coding.
  • Web dan App Development
    Perusahaan di bidang teknologi yang terus bertambah memberikan dampak yang besar terhadap perubahan dunia kerja saat ini. Tentunya untuk menghasilkan situs web dan aplikasi yang berkualitas, perusahaan ini membutuhkan orang-orang dengan kemampuan web development yang baik. 
  • Project Management
    Keterampilan proyek ini berguna untuk mengelola jalannya proyek yang telah direncanakan. 
  • Analisis Data
    Saat ini penggunaan data sudah menjadi bagian penting dalam bisnis. Data dikumpulkan, dianalisis, dan digunakan untuk mendorong segala macam prediksi atau simulasi untuk mengambil keputusan jangka pendek maupun jangka panjang. 
    Biasanya untuk memahami kemampuan ini dengan baik, kamu harus memiliki dasar yang kuat dalam matematika, statistika, dan pemrograman.

Pekerjaan yang paling banyak dicari

Setelah mengetahui definisi skill, pentingnya skill, dan skill apa saja yang dibutuhkan sekarang kita cari tahu kira-kira pekerjaan seperti apa ya yang paling banyak dicari untuk 5 tahun ke depan?

  1. Penerjemah
  2. Terpis mental dan bicara
  3. Tenaga home healthcare
  4. Konservator alam dan lingkungan
  5. Telemarketer
  6. Konsultan marketing
  7. Pebisnis online
  8. Karier di bidang teknologi

Untuk membaca mengenai detail jelasnya , kamu dapat menbaca artikel di sini.

Nah itu dia skill yang dibutuhkan di tahun 2023 dan beberapa tahun ke depannya. Bagaimana? Kira-kira kamu ingin menguasai yang mana nih? 

Setelah mengetahui mengenai soft skill dan pekerjaan yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk merapikan berkas-berkas yang diperlukan ketika melamar pekerjaan. Kalian bisa membuat dan merapikan keperluan kerja kalian seperti CV, portofolio, dan pembuatan surat-surat melalui GetHired! Sekarang sedang promo untuk akses premium loh! Yuk langsung aja daftar sekarang!

Leave a Reply