Portofolio Lamaran Kerja dan Cara Cepat Membuatnya!

Ilustrasi orang sedang mengerjakan portofolio lamaran kerja
Ilustrasi orang sedang mengerjakan portofolio lamaran kerja

Portofolio lamaran kerja adalah kumpulan informasi yang dapat menunjukkan hasil karya, pendidikan, skill, pengalaman organisasi, pelatihan atau kursus yang pernah diikuti, serta pengalaman kerja.

Ketika pihak HRD atau recruiter melihat portofolio milik Anda, mereka akan langsung tahu pencapaian yang sudah pernah Anda dapatkan, beserta kemampuan diri Anda sendiri.

Portofolio tak hanya ditunjukkan dalam bentuk file atau kertas saja, melainkan bisa juga ditunjukkan secara offline melalui produk yang pernah Anda buat. Namun, kebanyakan seorang pencari kerja selalu menyimpan pencapaian mereka secara online, yaitu dalam bentuk PDF maupun file doc.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu cara membuat portofolio kerja menarik untuk fresh graduate, maka bisa simak ulasannya di bawah ini.

Perbedaan portofolio dan CV

1. Informasi yang Diberikan

Tak bisa dipungkiri bahwa portofolio hampir serupa dengan Curriculum Vitae (CV), lo.

Hanya saja, perbedaan keduanya masih bisa diketahui dengan mudah, kok.

Melansir berbagai sumber, perbedaan CV dan portofolio adalah dapat dilihat dari informasi yang diberikan.

Pada CV, lebih menjelaskan terkait data baik berupa data pribadi umum maupun data pribadi khusus.

Sementara portofolio, merupakan informasi yang menunjukkan kepada orang terkait dengan hasil karya yang pernah kamu buat.

2. Kelengkapan Data

Kelengkapan data pada CV dirangkum dengan lengkap, namun dibuat secara sederhana.

Adapun pada portofolio tidak harus demikian.

3. Memberi Bukti

Bukti adalah salah satu hal yang penting saat melamar pekerjaan.

Pada portofolio, kamu bisa meyakinkan calon klien atau tempat kerja yang kamu lamar dari isi portofolio tersebut karena sudah terbukti dari kemampuan dan skill.

4. Umum dan Spesifik

Pada CV, kamu akan melampirkan semua kegiatan dan pengalaman akademik dan nonakademik.

Sementara pada portofolio, lebih bersifat spesifik dan terkhusus yang hanya ditujukan hanya untuk satu jenis pekerjaan dan posisi tertentu saja.

Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja Online

Setelah mengetahui pengertiannya, selanjutnya kami akan memberikan cara membuat portofolio lamaran kerja yang baik dan benar. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghasilkan portofolio lamaran kerja yang maksimal dan mudah diterima banyak perusahaan.

1. Perhatikan dan Kumpulkan informasinya mengenai pekerjaan yang akan kamu lamar

Sebelum membuat portofolio lamaran kerja, tentu kamu membutuhkan semua informasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Dengan begitu, kamu akan memiliki modal dalam menentukan isi dari portofolio kamu.

2. Mulai Mengumpulkan Semua Karya

Setelah mengetahui semua informasi mengenai pekerjaan yang kamu lamar, kamu dapat memulai dengan mengumpulkan dan menyiapkan seluruh karya-karyamu yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Kamu juga dapat menambahkan projek, skill, dan pencapaian yang kamu raih selama ini.

3. Membuat Daftar Isi

Selanjutnya, kamu dapat mulai menuliskan daftar isi dari portofolio yang akan kamu lampirkan ini. Daftar isi ini sangat penting untuk mengetahui apa saja yang kamu lampirkan di dalam portofolio lamaran pekerjaanmu.

Banyak orang yang mengabaikan daftar isi, padahal daftar isi juga menjadi salah satu keterangan yang penting di dalam portofolio pekerjaan untuk dinilai oleh sebuah perusahaan.

4. Melampirkan Data Diri

Setelah menuliskan daftar isi, kamu dapat melanjutkan dengan memberikan keterangan terkait data diri kamu serta beberapa informasi tambahan seperti e-mail, nomor telepon, pengalaman pribadi, serta beberapa keterangan diri kamu.

5. Memberitahu Tujuan

Selanjutnya, kamu dapat memberikan keterangan mengenai tujuan kamu dan apa yang akan kamu capai di dalam portofolio ini. Kamu juga dapat menambahkan visi dan misi kamu untuk perusahaan yang kamu tuju untuk memaksimalkan isi portofolio kamu.

6. Memberikan Hasil Karya

Setelah semuanya sudah kamu lampirkan, selanjutnya kamu dapat mulai memasukkan semua pencapaian yang sudah kamu kumpulkan tadi serta beberapa deskripsi tambahan terkait prestasi yang sudah kamu raih.

Kamu juga dapat melampirkan beberapa hasil dari pencapaian kamu untuk meyakinkan sebuah perusahaan.

Untuk semakin membantu kamu dalam menulis porotofolio lamaran pekerjaan, di bawah ini kami akan memberikan contoh portofolio lamaran pekerjaan yang baik dan benar untuk kamu jadikan referensi.

Praktek membuat portofolio lamaran kerja langsung di Canva

Berikut langkah-langkahnya

  1. Buka Canva
  2. Daftar terlebih dahulu atau login jika sudah mempunyai akun
  3. Kamu akan diarahkan ke halaman “Home” Canva
  4. Klik “Templates” 
  5. Cari kata kunci “Portfolio” di kolom pencarian Canva
  6. Edit sesuai yang ingin kamu isikan
  7. Selesai dan dapat kamu unduh atau bagikan saja linknya

Simple bukan? Yuk segera buat portofolio kamu dan jangan lupa untuk memperbaiki CV kamu juga di gethired.id!

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya! 

Leave a Reply