Contoh Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan yang Wajib Siapkan. Bonus Tips Menjawabnya, Jangan Sampai Salah!

Pertanyaan seperti “Mengapa melamar di perusahaan ini?” dan sejenisnya sering sekali ditanyakan saat wawancara kerja. Namun kamu harus tahu nih jawaban alasan kerja supaya diterima!

Sebagai pencari kerja, tentunya kamu pernah merasakan bingungnya menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh HRD. Tidak terkecuali pertanyaan tersebut yang terkesan simpel namun ternyata pertanyaannya menjadi salah satu penilaian penting dalam tahap wawancara.

Karenanya, untuk menjawab pertanyaan ini kamu tidak boleh asal dan perlu mempertimbangkan dengan matang sehingga bisa menjawab dengan jelas.

Setiap individu pastinya mempunyai jawabannya masing-masing yang tentunya tidak semua jawaban bisa diterima oleh HRD. 

Agar kamu menjadi kandidat yang layak dipertimbangkan, kamu perlu tahu tips menjawab pertanyaan ini dan contoh jawabannya!

Tips menjawab alasan melamar pekerjaan

1. Sesuaikan dengan latar belakang pendidikan

Masih banyak perusahaan yang menjadikan latar belakang pendidikan sebagai kualifikasi pelamar yang artinya pelamar juga harus menyesuaikan pendidikannya dengan kualifikasi yang dicantumkan perusahaan.

2. Mencari tahu profil perusahaan

Dengan tahu profil perusahaan lebih detail, kamu akan lebih mudah menyesuaikan alasan yang akan kamu sebutkan. Ingat, setiap jawaban dalam sesi wawancara harus dijawab sebenar-benarnya agar dapat meyakinkan pewawancara.

3. Memahami posisi yang dilamar

Jika kamu sudah tahu profil usaha dan bidang apa perusahaan tersebut bergerak, segera pastikan bahwa keterampilan kamu memang sesuai dan dibutuhkan. Jangan sampai kamu memasukkan lamaran ke perusahaan yang sama sekali tidak sesuai dengan keterampilanmu.

4. Memahami tujuan dan proyeksi akhir 

Jabarkan tujuan dari kariermu, terutama terkait peran kamu dalam perusahaan nantinya. Jabarkan proyeksi ke depannya, misalnya beberapa tahun ke depan kamu akan menjadi apa. Jika kamu turut menyertakan jawaban terkait hal ini, maka kamu pasti akan memberikan jawaban yang meyakinkan.

5. Menyampaikan pencapaian baru-baru ini atau tantangan yang berhasil dihadapi dan 

Jabarkan pencapaian yang kamu dapatkan dan tantangan apa yang dihadapi, hal ini agar bisa memberikan gambaran kepada pewawancara mengenai dirimu. Pencapaian ini dapat berupa apa saja yang menurut kamu berhubungan dengan posisi yang kamu lamar.

6. Memberi jawaban yang jelas

Jelas di sini adalah kamu harus bisa menjelaskan secara runtut mengenai hal yang kamu sampaikan. Pastikan semua pengalaman tersebut juga benar-benar terjadi dan kamu lakukan, bukan membuat cerita palsu agar menarik perhatian pewawancara. Karena nantinya semua akan dipertanggungjawabkan ketika kamu diterima dan mulai bekerja.

Contoh jawaban alasan melamar pekerjaan

Berikut kami berikan beberapa contoh jawaban alasan dalam melamar pekerjaan yang dapat disesuaikan dengan posisi yang kamu lamar, pengalaman kerja, dan latar belakang pendidikan kamu ya!

1. Mengaitkan dengan keunggulan perusahaan

Kamu bisa menyebutkan kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan tempat kamu melamar. Misalnya seputar reputasi perusahaan, reputasi pemimpin perusahaan, pertumbuhan perusahaan, kualitas produk dan layanan, serta yang lainnya. Berikut contoh jawabannya:

Saya tertarik melamar pekerjaan di perusahaan ini, karena mempunyai reputasi yang baik. Selain itu, saya melihat bahwa perusahaan Bapak/Ibu tetap bertahan dan berkembang bahkan disaat pandemi karena mempunyai produk yang inovatif dan solutif untuk penggunaannya. Karena itu, saya yakin untuk berkarier di perusahaan ini.”

“Perusahaan Bapak/Ibu adalah salah satu leading company di bidang kecantikan. Karena itu, besar harapan saya untuk berkarier dan meningkatkan potensi dan keterampilan saya di perusahaan ini.”

2. Menjelaskan tentang skill kamu miliki dan posisi yang dilamar

Kamu bisa sesuaikan keterampilan, keahlian, atau pengalaman kamu sebelumnya dengan posisi yang kamu lamar. Kamu dapat memberikan contoh hasil yang terukur agar dapat meyakinkan perekrut. Bagaimana jika masih fresh graduate? Nah kamu dapat menceritakan pengalaman atau pencapaian selama kuliah atau magang. Contohnya:

“Berdasarkan iklan lowongan kerja yang saya lihat, perusahaan Bapak/Ibu mencari kandidat yang memiliki skill copywriting. Ini merupakan keterampilan yang saya punya dan sesuai dengan latar belakang pendidikan saya. Saya juga mempunyai beberapa sertifikat kursus atau pelatihan terkait copywriting.”

“Saya tertarik untuk melamar pekerjaan ini karena posisi ini menekankan penjualan dan pemasaran. Kedua hal ini merupakan keahlian saya. Pada pekerjaan sebelumnya, saya berhasil meningkatkan penjual sebanyak 15% dan mendapatkan penghargaan dari perusahaan. Dengan pengalaman pemasaran selama 3 tahun, saya yakin dapat berkontribusi dalam meningkatkan penjualan perusahaan Bapak/Ibu.”

3. Menjelaskan bahwa kamu ingin berkembang bersama perusahaan

Hal ini bisa mengindikasikan bahwa adalah calon karyawan yang mau belajar dan terus mengembangkan keterampilan untuk mendukung perkembangan perusahaan. Berikut contohnya:

“Saya sempat bertanya kepada beberapa teman saya yang bekerja di perusahaan ini. Mereka mengatakan bahwa budaya kerja di perusahaan ini sangatlah baik, bisa menjadi tempat yang baik bagi saya untuk mengembangkan karirer. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan pelatihan dan pengembangan karyawan. Karena itu, besar harapan saya untuk bergaung dan bekrembang dengan perusahaan Bapak/Ibu.”

“Saya mengamati bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang berkembang pesat saat ini. Bahkan perusahaan ini dikabarkan akan menjadi perusahaan unicorn yang pertama di bidang Financial Service. Karena itu, besar harapan saya untuk dapat berkontribusi dan berkembang bersama perusahaan Bapak/Ibu.”

4. Mengaitkan jawaban dengan visi misi perusahaan

Jika kamu menjawab dengan mengaitkan visi misi perusahaan ini dapat membuat pewawancara menilai bahwa kamu sebagai calon karyawan dapat mendukung dan membantu perusahaan mencapai visi tersebut. Tidak lupa untuk menjawabnya dengan yakin ya! Contohnya sebagai berikut:

“Saya membaca pada website perusahaan bahwa visi perusahaan Bapak/Ibu adalah menciptakan produk kecantikan yang aman dan terjamin kualitasnya. Saya merupakan lulusan S1 Teknik Kimia dan berpengalaman bekerja di bidang kosmetik selama 2 tahun. Dengan latar belakang ini, saya dapat membantu perusahaan menciptakan dan mengembangkan produk kecantikan yang aman dan berkualitas.”

Itu dia tips dan jawaban yang dapat kamu berikan jika ditanya mengenai alasan melamar pekerjaan oleh pewawancara. Baiknya sesuaikan jawaban dengan kondisi kamu. Selain itu, jangan lupa untuk perbanyak latihannya ya!

Leave a Reply