Cepat Dipanggil Interview Kerja. Simak Contoh Body Email Lamaran Kerja Simple yang Baik dan Benar. Lengkap!

Tidak bisa dipungkiri, saat ini masih banyak orang-orang yang masih belum mengerti cara membuat email lamaran kerja. Padahal isi dari body email ini dapat mempengaruhi penilaian HRD terhadap pelamar loh! Yuk kita simak cara membuat dan contoh body email yang menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada artikel ini!

Bagian-bagian email untuk lamaran kerja:

1. Bagian pembuka

Pada bagian ini kamu harus menuliskan kepada siapa e-mail ini akan dikirimkan. Pastikan alamatnya sudah benar. Selain itu, kamu juga harus menuliskan subjek email yang biasanya diisi oleh nama dan posisi yang dilamar.

2. Bagian isi body email

Isi dari body e-mail terdiri atas tiga paragraf atau lebih dengan rincian sebagai berikut:

  • Paragraf pertama. Pada paragraf pertama ini, biasanya berisikan perkenalan diri. Perkenalan diri ini dapat diisi dengan nama, pendidikan terakhir, posisi yang akan dilamar, serta menyebutkan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan ini.
  • Paragraf kedua. Selanjutnya di paragraf kedua kamu bisa menuliskan dan menceritakan secara singkat saja mengenai pengalaman kerja terakhir atau pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar. Pada bagian ini juga kamu dapat mempromosikan diri kamu dan ketertarikan kamu terhadap posisi yang dilamar.
  • Paragraf ketiga. Paragraf ketiga ini biasanya adalah paragraf terakhir pada body email. Dalam paragraf ini kamu dapat mengucapkan terima kasih dan informasikan juga kepada penerima email bahwa kamu telah melampirkan pada bagian lampiran (attached file).

Contoh body email dalam bahasa Indonesia:

Kepada HRD Perusahaan A

Terima kasih telah menyempatkan waktunya. Perkenalkan nama saya Hamada Asahi, Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Saya melihat lowongan dari GetHired dan tertarik untuk melamar pada posisi Sosial Media Spesialis di perusahaan Anda.

Saya memiliki beberapa pengalaman sebagai staff sosial media di beberapa perusahaan dan pernah magang di e-commerce. Dalam pengalaman sebelumnya di perusahaan B, saya bertanggung jawab untuk mereset, merencanakan, mengeksekusi, dan mengevaluasi mengenai sosial media perusahaan B. Dengan pengalaman tersebut saya yakin dapat memberikan kontribusi terbaik dalam bidang sosial media. 

Dalam email ini pula saya cantumkan berkas-berkas yang dibutuhkan, yakni CV, surat lamaran, dan portofolio yang pernah saya buat. Semoga berkas-berkas tersebut dapat menjadi pertimbangan Anda.

Terima kasih atas perhatian dan kesempatannya. Saya menunggu kabar baik dari Anda. 

Hormat saya,

Hamada Asahi

Contoh body email dalam bahasa Inggris:

Dear Human Resource of PT A

Thank you for setting aside your time to read this email. My name is Hamada Asahi, Bachelor’s Degree in Communication from Universitas Indonesia. I saw a vacancy at GetHired and I am interested to apply for a Social Media Specialist position at your company.

I have several experiences as a Social Media Specialist in various industries such as technology and fashion. My previous was at PT B. I was responsible for research, planning, executing, and evaluating for PT B. With this experience, I am sure that I can give my best contribution to PT A.

There is more depth of me on my CV that I have attached to this email. Thank you. Have a great day.

Best regards, 

Hamada Asahi

Nah itu dia dua contoh body email, masing-masing dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Bagaimana jika kamu seorang fresh graduate dan belum pernah bekerja? Kamu bisa menggunakan pengalaman magang atau organisasi yang pernah kamu ikuti selama kuliah. Kamu juga bisa menjelaskan kemampuan kamu dari prestasi yang pernah diraih. Pastikan semua yang disampaikan berkaitan atau relevan dengan posisi yang dilamar ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply