7 Hal Penting Bikin CV Fresh Graduate Dilirik Perusahaan

Tips untuk CV fresh graduate dirilik perusahaan
Tips untuk CV fresh graduate dirilik perusahaan

Sebagai seorang fresh graduate yang masih belum mempunyai banyak pengalaman dalam bekerja pasti jika dibandingkan dengan karyawan-karyawan yang sudah mempunyai jam terbang tinggi akan sulit bersaing, terutama pasti kebingungan mengenai isi atau format CV fresh graduate seperti apa yang benar dan dapat membuat lebih mudah lolos tahap screening CV.

Berikut kami berikan kunci penting yang bisa membuat fresh graduate bersaing dalam melamar pekerjaan dan dilirik oleh persuahaan!

1. Kelengkapan identitas diri

Pada saat kamu mengirimkan CV kepada perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan mulai sekarang ibaratkan lah hal itu adalah pertemuan pertama kamu dengan seseorang yang spesial.

Kamu harus bisa mendeskripsikan identitas kamu secara singkat, padat, dan jelas. Begitu juga pada CV kamu, silahkan bisa ditulis nama lengkap, kota tempat tinggal, nomor telepon, dan email yang dapat dihubungi oleh perusahaan.

2. Deskripsi diri

Pada saat pengisian deskripsi diri ini, cukup isikan hal-hal berikut ini:

  • Siapa kamu
  • Pendidikan terakhir
  • Keahlian apa yang dimiliki
  • Tujuan apa yang diinginkan dalam berkarir

Untuk deskripsi diri ini, banyak sekali sebetulnya versi masing-masing sumber. Tetapi silahkan saja kamu dapat menuliskan beberapa poin di atas cukup tiga sampai empat kalimat singkat saja.

3. Soft skill dan hard skill

Soft skill ialah yang berkaitan dengan kepribadian yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan atau hal-hal yang sedang dilakukan. Apa saja sih yang termasuk soft skill? Misalnya seperti kemampuan beradaptasi, kepemimpinan, pemecahan masalah, kerja sama tim, kemampuan berkomunikasi dan lain sebagainya.

Sementara hard skill ialah keahlian yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan atau hal-hal yang sedang dilakukan. Biasanya untuk soft skill dan hard skill ini sudah tertera kok pada kolom deskripsi dari lowongan pekerjaan untuk menjadi gambaran pekerjaan kamu nantinya!

4. Pengalaman-pengalaman dan prestasi

Hal yang paling penting untuk membuat CV kamu dapat dilirik oleh perusahaan yakni adalah pengalaman dan prestasi. Pada section ini, jika kamu mempunyai pengalaman seperti magang/internship, berorganisasi, dan prestasi-prestasi semasa pendidikan bisa kamu cantumkan loh agar bisa menambah nilai “jual” dari CV kami. 

Pada section ini kamu bisa buat poin pengalaman dari yang paling baru ke lama serta ceritakan secara singkat mengenai apa yang kamu kerjakan dan hasilnya. Keaktifan kamu di lingkungan sosial dan pendidikan ini akan menjadi nilai plus loh di mata HRD!

5. Punya portofolio? Jangan lupa untuk disisipkan linknya! 

Melalui portofolio ini akan membantu HRD untuk dapat melihat seberapa jauh potensi kamu untuk dapat berkembang di perusahaan nantinya. Portofolio ini menjadi elemen tambahan yang penting terutama jika kamu melamar di bidang seni, desain, kreatif, atau penulisan. Karena dengan adanya portofolio ini nantinya kamu dapat dianggap siap untuk memulai kerja.

6. Memperhatikan penulisan dan desain pada CV

Ketika menulis CV, usahakan fokus pada isi CV tersebut sehingga nantinya HRD pun akan mudah untuk membaca CV kamu. Baca lah berulang-ulang dan perhatikan apakah ada typo atau tidak. Jika dirasa sudah mantap dengan CV kamu, kamu bisa untuk mulai mencari desain-desain yang cocok dengan CV kamu. Sebagai saran, kamu bisa menghindari desain CV yang warnanya terlalu banyak, kamu bisa mulai dengan desain yang lebih simple tetapi tetap menarik perhatian dari HRD. 

Nah untuk membentuk first impression HRD perusahaan yang baik nantinya, silahkan kamu bisa mengunjungi link berikut ini untuk bisa mencoba membuat CV yang baik dan benar di CV Online Gratis GetHired

7. Update CV secara berkala dan sesuaikan dengan kualifikasi perusahaan yang dilamar

Mengupdate CV meskipun masih menjadi fresh graduate itu tidak apa-apa loh. Jika sebelumnya kamu sudah mengikuti pelatihan untuk meningkatkan hard skill kamu, maka cantumkan saja. Mengupdate CV ini juga bisa kamu jadikan strategi ketika melamar pekerjaan pada beberapa perusahaan berbeda. Kamu bisa sesuaikan CV kamu dengan kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan kamu sehingga meskipun masih fresh graduate tetapi kamu sudah dapat mulai terbiasa dengan kualifikasi-kualifikasi perusahaan yang kamu impikan.

Nah itu dia 7 poin penting agar dapat membuat CV Fresh Graduate yang dapat dilirik oleh perusahaan.

Kemana nih membuat CVnya? Kamu tidak perlu khawatir! Di GetHired kamu sudah bisa untuk membuat CV secara gratis dan sudah ada tamplatenya juga loh! Yuk segera coba sekarang dan jadilah bagian dari suksesnya perjalanan karirmu bersama GetHired!

Leave a Reply