9 Tips yang Perlu Dilakukan agar Meningkatkan Produktivitas Kerja

Kamu merasa sulit sekali untuk meningkatkan produktivitas kerja kamu? Sulit fokus sekali untuk bekerja dan akhirnya tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan?

Produktivitas pastinya merupakan suatu hal yang penting dalam menunjang operasional perusahaan. Berikut kami telah rangkum 9 tips yang perlu dilakukan supaya bisa membantu meningkatkan produktivitas kerja kamu:

1. Menentukan prioritas dengan mempertimbangkan efisiensi

Tips pertama adalah bekerja dengan efisien. Jika ada tugas yang harus diselesaikan, maka tentukan prioritas pekerjaan yang harus kamu kerjakan segera. Kamu juga bisa melakukan beberapa hal agar lebih efisien seperti:

  • Membuat prioritas dari tugas-tugasmu. Cobalah mengerjakan dari tugas yang kurang kamu sukai, karena mungkin ini bisa membuat kamu berpikir lebih dan mencoba untuk menyelesaikan secara lebih cepat. Jika sebaliknya, bisa jadi kamu malah menjadi cepat lelah dan cenderung menundanya.
  • Kerjakan tugas secara teratur. Mulailah mencoba untuk fokuskan energimu untuk menyelesaikan tugas satu per satu. Jika perhatianmu terbagi, usahakan kerjakan tugas setidaknya selama satu jam, bekerja hanya lima atau sepuluh menit untuk satu tugas ialah cara kerja yang tidak efisien.

2. Menyiapkan to-do list untuk hari berikutnya setiap malam hari

Membuat to-do list mengenai daftar hal apa saja yang perlu dilakukan adalah salah satu hal penting juga yang bisa meningkatkan produktivitas kerja kamu. Hal ini akan membuat kamu merasa lebih terorganisir, lebih fokus, dan memberimu rasa puas ketika sudah mengerjakan semua tugas tersebut.

Setelahnya coba untuk membuat dan memperbarui to-do list setiap malam. Dengan seperti ini kamu akan lebih mudah dan terbantu di hari berikutnya dan tidak perlu menghabiskan waktu untuk menuliskan apa yang perlu dikerjakan. 

3. Memulai dengan target yang kecil

Tidak jarang bahwa penurunan produktivitas diakibatkan karena keinginan kita untuk mencapai target yang besar dalam waktu yang singkat. Banyak orang, terutama yang belum expert kesulitan melakukan hal ini. Akhirnya menyebabkan pekerjaan pun terhambat karena terjebak dengan ekspektasi pencapaian yang besar.

Untuk menghindari hal-hal ini, langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menetapkan target-target kecil. Ketika setiap target berhasil diselesaikan kamu bisa memberikan apresiasi kepada dirimu sendiri. Ini merupakan cara meningkatkan produktivitas kerja dengan mudah dan efektif. 

4. Istirahat sejenak lalu berolahraga

Seharian bekerja dapat membuat badan menjadi pegal-pegal dan cepat sekali lelah. Untuk mengatasi ini, sesekali kamu boleh untuk meluangkan waktu kamu dengan istirahat sejenak atau berolahraga kecil. Menurut beberapa penelitian bahwa berolahraga kecil di waktu istirahat atau di sela-sela pekerjaan dapat berpotensi untuk meningkatkan produktivitas kerja kamu. Hal ini karena saat berolahraga dapat membantu memompa darah kamu dan menjadi hal yang diperlukan untuk menjernihkan pikiran dan mengembalikan fokus kamu.

5. Bersikap proaktif bukan reaktif

Bersikaplah proaktif, kamu bisa mencoba untuk menyusun strategi baru di tim mu, memberi ide, dan juga melakukan sharing yang bermanfaat pada divisi lain. Dengan sikap proaktif ini bisa loh menjadi awal dari relasi yang baik antar divisi yang membuat kerja sama semakin terjalin erat. 

6. Hindari hal yang berpotensi membuatmu terganggu

Gangguan pasti selalu ada saja. Gangguan ini bisa disebabkan oleh faktor eksternal dan internal. Misalnya saja faktor eksternalnya seperti situasi yang tidak mendukung untuk bekerja secara optimal dan faktor internalnya adalah keinginan untuk melakukan sesuatu yang di luar tanggung jawab kamu.

Kamu harus bisa mengidentifikasi mengenai faktor-faktor ini dan mencari cara untuk mengatasinya. Lakukanlah tindakan-tindakan preventif supaya gangguan tersebut tidak menurunkan produktivitas kerjas kamu. 

7. Self-reward jangan lupa!

Self-reward? Yes! Kamu bisa memberikan reward untuk diri kamu sendiri untuk hal-hal yang berhasil kamu raih atau selesaikan, misalnya kamu berhasil menyelesaikan pekerjaan yang sudah ditargetkan oleh dirimu dengan tepat waktu. Berikan hadiah kepada diri sendiri, biasanya hal ini berhubungan dengan hal-hal apa yang ingin kamu lakukan atau kamu sukai. 

Hal ini juga bisa sebagai bentuk menghargai dirimu sendiri. Tidak perlu pelit untuk mengeluarkan beberapa rupiah atau meluangkan waktu untuk dirimu sendiri, hal ini supaya kamu tetap bisa work-life-balance.

8. Melakukan evaluasi

Setelah menyelesaikan sesuatu kamu harus melihat bagaimana efektivitas strategi yang dilakukan, melihat masalah yang mungkin terjadi, dan membuat perencanaan yang lebih baik untuk periode selanjutnya.

Pada tips evaluasi ini ialah bertujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal sehingga nantinya strategi baru diharapkan akan semakin membuat produktivitas kerja kamu melesat. 

9. Mengikuti training yang bisa meningkatkan training yang dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan

Dengan mengikuti pelatihan, kamu sebagai seorang karyawan akan mendapatkan banyak sekali ilmu yang baru dan bisa diterapkan untuk meningkatkan produktivitas kerja kamu sebagai seorang karyawan. Mungkin sebagai karyawan sudah terbiasa untuk menambahkan pengalaman dan ilmu baru secara mandiri dan autodidak. Tetapi ada beberapa di antaranya yang justru lebih senang untuk belajar melalui sesi pelatihan yang diadakan oleh perusahaan atau pihak luar untuk meningkatkan produktivitasnya.

Perusahaan juga  harus bisa memberikan kesempatan untuk karyawannya untuk mengikuti program pelatihan demi meningkatkan produktivitas karyawannya ini.

Jika karyawan berhasil meningkatkan produktivitasnya, maka hal ini juga dapat berpengaruh terhadap produktivitas perusahaan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja kamu supaya menghasilkan kerja yan optimal di lingkungan kerja. Dengan begini, kamu bisa memberikan hasil kerja yang maksimal dan tentunya mencapai tujuan karirmu. Ingatlah untuk tetap percaya diri, tidak mudah menyerah untuk meningkatkan skill kamu, dan tetap positif!

Leave a Reply