7 Tips Jitu Membuat CV Menarik agar Dilirik HRD

Bagi kamu yang baru saja lulus atau sudah lama lulus dan saat ini sedang dalam proses mencari pekerjaan pasti sudah kenal dengan CV atau Curriculum Vitae yang merupakan faktor penting dalam mencari pekerjaan. Namun masih banyaknya yang bingung bagaimana cara membuat cv yang menarik agar dilirik oleh HRD.

Menurut riset, kebanyakan HRD hanya menghabiskan 6-10 detik untuk melihat CV. Hal ini karena setiap harinya HRD ini dalam sehari bisa menerima ratusan hingga ribuan CV yang masuk loh. Nah bisa dibayangkan oleh kamu bagaimana repot dalam menyeleksinya.

Lalu bagaimana agar kita termasuk ke dalam kelompok yang terseleksi tersebut? Sebenarnya tidak sulit loh untuk menarik perhatian HRD agar bisa dipanggil interview, melalui 7 tips jitu dari GetHired ini kamu akan mempunyai peluang yang lebih besar untuk dipanggil interview lewat CV yang lebih menarik dibanding pelamar lainnya loh!

Yuk langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

1. Pahami isi CV terlebih dahulu

Pada tips pertama ini adalah sebaiknya kamu memahami isi CV terlebih dahulu. Biasanya ada hal-hal yang wajib dicantumkan di CV dan ada juga yang tidak dicantumkan. Pada umumnya biasanya kamu wajib menuliskan:

  1. Identitas diri
  2. Pendidikan
  3. Deskripsi diri
  4. Keterampilan
  5. Proyek dan pengalaman kerja
  6. Pelatihan 

2. Identitas diri dituliskan seperlunya saja

Tips kedua adalah tuliskan identitas dirimu seperlunya saja. Identitas diri memang hal yang wajib dicantumkan dalam CV. namun, jangan sampai kamu melakukan kesalahan dalam menuliskan identitas diri ini. Cukup cantumkan identitas diri yang diperlukan saja seperti

  • Nama lengkap
  • Alamat (Hanya kota/kabupaten tempat tinggal dan provinsi)
  • Kontak yang bisa dihubungi (No HP aktif dan Email)

Tidak perlu lagi mencantumkan identitas secara lengkap dan mendetail, seperti contohnya mencantumkan tanggal, bulan, dan tahun lahir. Mencantumkan alamat lengkap, agama, hobi dan lainnya. Cukup cantumkan hal-hal yang diperlukan saja. 

Sebagai saran, kamu bisa mencantumkan nama kamu di posisi paling atas karena nama merupakan informasi primer sehingga penting untuk dicantumkan di posisi atas atau header pada CVmu.

Jika kamu lulusan sarjana, tidak perlu kamu jelaskan pendidikan terakhir dari TK/SD kamu. Cukup cantumkan saja bahwa pendidikan terakhir kamu dengan nama universitas dan program studi sertakan juga kapan dimulai perkuliahan hingga tahun kamu lulus. Kamu juga bisa mencantumkan IPK atau nilai akhir kamu agar membantu pertimbangan HRD.

3. Tuliskan pengalaman yang relevan

Tips ketiga adalah memilah pengalaman yang akan dimasukan ke dalam CV. Semakin relevan pengalaman kamu dengan posisi yang dilamar kamu juga akan berpeluang besar untuk dipanggil interview oleh HRD.

Misalnya kamu akan melamar untuk posisi desain grafis. Nah kamu pernah menjalani proyek desain misalnya untuk membuat logo perusahaan A yang sebelumnya atau kamu juga pernah mengikuti organisasi/kepanitiaan dan menjadi tim desainnya maka pengalaman-pengalaman inni dapat kamu masukkan ke dalam CV agar mendapatkan nilai plus dari HRD.

Lalu bagaimana jika kamu belum memiliki pengalaman sama sekali?

Mari kita lanjut ke tips yang keempat!

4. Cantumkan soft skill dan hard skill yang dimiliki

Tips keempat ini sangat penting jika kamu belum memiliki pengalaman sama sekali di posisi yang kamu lamar. Kamu dapat mencantumkan hard skill dan soft skill yang kamu miliki. Mencantumkan hard skill merupakan hal yang wajib sebetulnya untuk melihat kemampuan teknis kamu. 

Sementara soft skill yang kamu punya dapat memperlihatkan cara kamu berinteraksi dengan lingkungan sekitar kamu. Lebih lanjut lagi, soft skill sendiri ialah kepribadian, atribut personal, serta kemampuan komunikasi yang sangat dibutuhkan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan. Contoh soft skill seperti berpikir kritis, kepemimpinan, team work, negosiasi dan lain sebagainya. Lebih baik lagi jika kamu lebih selektif lagi dalam mencantumkan soft skill yang akan ditulis.

5. Menyertakan pelatihan/kursus yang pernah diikuti

Pelatihan dapat membuat cv menarik di mata HRD
Pelatihan dapat membuat cv menarik di mata HRD

Tips kelima yakni jika kamu pernah mengikuti pelatihan atau kursus yang mempunyai sertifikasi maka ini dapat menjadi ekstra tambahan bagi CV kamu agar lebih menarik. Tambahan dalam pelatihan atau skill ini akan menunjang skill yang kamu miliki. Terlebih lagi jika pelatihan atau kursus tersebut relevan dengan lowongan yang kamu lamar dan lebih bagus lagi ialah sesuatu yang khusus dan tidak dimiliki oleh banyak orang. 

Jika kamu belum memiliki sertifikat pelatihan atau kursus kamu dapat mencari informasi-informasi tersebut melalui media sosial dari mulai yang gratis hingga berbayar.

6. Sertakan kontak referensi

Kontak referensi dapat membuat cv menarik di mata HRD
Kontak referensi dapat membuat cv menarik di mata HRD

Tips keenam ialah kamu dapat menyediakan kolom kontak referensi. Tujuannya yakni untuk memberikan informasi yang penting terhadap kamu dari pihak ketiga. Jadi referensi kontak ini kamu harus mencantumkan kontak profesional dari orang yang pernah bekerjasama denganmu ya! Jika kamu baru lulus dan belum ada kontak referensi bagaimana? Kamu bisa loh mencantumkan kontak dosenmu juga.

Pastikan ya sebelum mencantumkan kontak referensi ini kamu sudah meminta izin terlebih dahulu kepada orang yang akan dicantumkan nomornya pada bagian referensi kontak ini sehingga nantinya ketika pihak ketiga ini dihubungi oleh HRD kamu akan dapat menjelaskan mengenai dirimu juga! Sama-sama menguntungkan kan yaa!

7. Gunakan font profesional

Tips ketujuh, font profesional! “Kok bisa? Maksudnya bagaimana?”. Nah dalam menuliskan CV ini kamu harus menggunakan font yang sering digunakan secara profesional oleh para pelamar. Cara ini mungkin terlihat sangat sepele ya tetapi untuk menambah daya tarik dan profesionalitas kamu pastikan kamu juga menggunakan font yang profesional dan bukan sembarang font yang bahkan sulit dibaca.

“Lalu fontnya seperti apa?” biasanya font yang digunakan dalam membuat CV seperti 

  • Times New Roman
  • Roman
  • Arial
  • Calibri

Selain itu, ukuran dari fontnya bisa mulai dari 10-12 point dilansir dari CV Library. Pemilihan font ini pastinya menjadi hal yang penting agar HRD tidak pusing membaca.

Nah itu dia ketujuh tips dari GetHired agar membuat CV menarik dan dapat dilirik oleh HRD! Mengapa sih hal ini penting? Tentunya karena kamu tidak sendirian dalam melamar pekerjaan. Terdapat ratusan bahkan ribuan orang yang melamar dan siap berkompetisi dengan kamu maka CV yang menarik ini bisa membuat peluang kamu dilirik HRD dan mendapatkan pekerjaan lebih besar lagi. 

Kamu tidak perlu repot lagi dalam membuat CV terutama mengenai format yang harus digunakan! Di GetHired kamu dapat menggunakan tujuh tips ini dan langsung mengimplementasikannya loh! Yuk bergabung bersama kami untuk meraih karir impianmu!

Leave a Reply