9 Tips Jika Ingin Kuliah Sambil Kerja dengan Lancar! Mahasiswa Wajib Tahu!

Saat ini tidak sedikit mahasiswa yang menganggap bahwa fokus belajar selama kuliah sangatlah penting. Namun, banyak juga yang menganggap bahwa bekerja atau mengikuti kegiatan selain akademik dapat menambah pengalaman berharga yang dapat berguna setelah lulus.

Tidak ada salahnya loh mencoba bekerja sambil kuliah karena kamu dapat mendapatkan manfaat dan pembelajaran yang penting misalnya bisa mengasah kemampuan manajemen waktu yang mana harus membagi antara waktu berkuliah dan bekerja.

Dari manajemen waktu tersebut, tidak sedikit juga mahasiswa yang akhirnya terpaksa tidak dapat meneruskan kuliahnya karena pekerjaannya cukup menyita waktu. Lalu bagaimana agar kedua hal ini dapat berjalan berbarengan? Berikut tipsnya dari kami:

1. Ambil pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah

Jika kamu mengambil pekerjaan yang memang satu jalur dengan jurusan kuliah maka hal ini dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk kamu. Dengan tips in kamu dapat menguasai pekerjaan kamu karena ilmu yang sebelumnya telah didapatkan di perkuliahan atau sebaliknya.

Kamu dapat menambah banyak ilmu yang bisa meningkatkan nilai, karena kamu telah terjun langsung ke dunia kerja dengan mempraktekkan ilmu kuliah yang telah didapat. 

Namun jika dirasa tetap tidak menemukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan kamu dapat pekerjaan yang memang sesuai dengan jadwal dan kemampuanmu sendiri.

Tidak perlu memaksakan diri yang nantinya malah bukan hal positif yang didapatkan tetapi bisa negatif dan memberatkan kamu sendiri.

2. Mengambil kelas online

Jika kamu mengambil sistem kuliah online, maka ini dapat memberikan banyak keuntungan untukmu dan mempermudah kamu dalam pekerjaan. Karena kuliah dapat lebih fleksibel yang bisa kamu sesuaikan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari yang nantinya akan menghasilkan daya serap dan pemahaman yang lebih baik. 

3. Perhatikan biaya

Selain dengan mengejar beasiswa dan mengajukan pembiayaan untuk pendidikan, banyak mahasiswa yang memilih jalan kuliah sambil kerja menggunakan uang hasil kerjanya untuk meringankan biaya perkuliahan. Kamu harus bisa memperhatikan berapa pendapatan yang kamu dapatkan jika bekerja dan bisa menghitung berapa untuk pembiayaan perkuliahan.

4. Memberitahukan kondisi kamu kepada perusahaan (terbuka dengan tempat kerja)

Hal ini dapat dilakukan ketika proses interview dengan perusahaan. Kamu dapat memberitahukan mengenai posisi yang sedang kamu alami, yakni berkuliah.

Hal ini sangat penting dan tidak  boleh sampai terlewat. Karena nantinya perusahaan akan mencoba memahami kondisi kamu dan jika perusahaan tetap membutuhkan jasa kamu, kuliah sambil kerja pun bisa kamu jalani dengan seimbang.

5. Beristirahat yang cukup

Kamu harus bisa mengatur waktu kamu. Misalnya kamu harus bisa menentukan kapan harus mengerjakan tugas kuliah dan tugas dari perusahaan. Pastikan kamu juga beristirahat dengan cukup, setidaknya kamu bisa beristirahat 5-6 jam setiap harinya. Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin dan makanan yang bergizi agar tetap sehat dan bugar.

6. Memastikan tetap produktif

Pastikan waktu yang kamu gunakan dalam sehari-hari bersifat produktif. Manfaatkan waktu ketika kamu bekerja ya hanya untuk bekerja dan menyelesaikan tugas-tugas harian pekerjaan kamu. Begitu pula sebaliknya, ketika berkuliah, selesaikanlah tugas-tugas kuliah kamu dengan waktu yang ada.

7. Mengatur waktu dan prioritas

Jika kamu mengambil kelas kuliah sambil bekerja, maka pastikan kamu dapat mengatur waktu untuk keduanya. Jangan sampai malah jadwal perkuliahan kamu bentrok dengan pekerjaan yang ada di kantor. Sekarang banyak kampus yang menawarkan jam kuliah online dan kelas karyawan yang biasanya dilaksanakan jam perkuliahan pada malam hari. 

Pastikan kamu membagi waktu antara pekerjaan dengan tugas-tugas kuliah kamu yang seringkali sifatnya tidak terduga. Ketika kamu mengambil kuliah sambil bekerja, maka konsekuensinya adalah waktu yang dimiliki semakin terbatas. Agar bisa mengatur waktu kamu dapat menentukan skala prioritas. Kamau dapat membaca skala prioritas di sini 10 Tips Manajemen Waktu yang Efektif Saat Bekerja 

8. Tetap memperhatikan performa

Jangan mengabaikan tugas kuliah hanya karena kamu sibuk bekerja, begitu juga sebaliknya. Sangat disayangkan jika mengingat uang hasil kamu bekerja untuk berkuliah, namun kamu tidak performa di salah satunya. 

9. Fokus dan sungguh-sungguh

Hal yang harus ditekankan ialah, kamu harus paham bahwa jika ingin berkuliah sambil kerja maka bukan hal yang mudah namun tetap dapat diatasi. Dengan hal ini maka akan mudah menghadapi kenyataan dengan sungguh-sungguh. Kamu pasti akan lebih dahulu memahami kondisi dan suasana bekerja saat masih berkuliah. Ketika bekerja kamu fokus saja dengan pekerjaan kamu dan begitu juga sebaliknya. Atur semaksimal mungkin yang kamu bisa agar kedua hal ini tetap seimbang agar pikiran kamu tetap fokus dan tidak gampang merasa lelah. 

Itulah 7 tips kuliah sambil bekerja yang dapat kamu terapkan jika kamu sedang mengalami kondisi ini ataupun sedang memikirkan ingin melakukan kegiatan ini. Jika dilakukan dengan tekun dan disiplin tinggi maka niscaya kamu dapat memperoleh kesuksesan pada kedua bidang ini dan mendapatkan nilai perkuliahaan yang memuaskan tanpa mencoret atau mengurangi performa kamu dalam bekerja.

Leave a Reply