10 Kerja Sampingan Tanpa Perlu Modal

Kamu sedang mencari penghasilan tambahan untuk kebutuhan sehari-hari di waktu luang dan yang punya potensi bisa menjadi kerjaan utama dan menguntungkan? Yuk cek artikel kerja sampingan tanpa perlu modal berikut ini!

1. Menjadi Penulis Online/Content Writer

Kerja sampingan tanpa modal Content Writer
Kerja sampingan tanpa modal Content Writer

Tidak usah ragu! Semua orang pasti bisa menulis! Lebih bagus lagi jika kamu memang hobi dalam menulis ini. Dengan menjadi content writer ini akan membuat kamu menyampaikan ide-ide yang kamu miliki dalam pikiranmu ke dalam bentuk tulisan. Banyak sekali pekerjaan sampingan sebagai penulis konten ini.

2. Menjadi Penerjemah/Translator

Kerja sampingan tanpa modal Translator
Kerja sampingan tanpa modal Translator

Kamu jago dalam berbahasa asing selain bahasa Indonesia? Nah ini dia pekerjaan sampingan yang mungkin bisa cocok dengan kamu! Kamu bisa mencoba menjadi penerjemah bahasa asing yang kamu kuasai.

3. Menjadi Admin Sosial Media

Kerja sampingan tanpa modal Admin Media Sosial
Kerja sampingan tanpa modal Admin Media Sosial

Zaman yang serba digital ini membuat pekerjaan sampingan ini banyak sekali. Karena sosial media memanglah salah satu platform yang wajib dimiliki oleh setiap orang saat ini terutama untuk berhubungan dengan kostumernya. Kalau kamu merasa punya kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi yang baik maka pekerjaan ini sangat cocok dengan kamu.

4. Menjadi Desainer Grafis

Kerja sampingan tanpa modal Desain Grafis
Kerja sampingan tanpa modal Desain Grafis

Mempunyai kemampuan membuat desain saat ini sangat berpotensi untuk menjadi lahan penghasil uang loh walau hanya sebagai sampingan. Jika kamu merasa mempunyai kemampuan desain grafis yang baik kamu bisa mencoba untuk menjadi desain grafis lepas bahkan bisa dikerjakan di mana saja.

5. Menjadi Pengajar Les Privat Secara Online

Kerja sampingan tanpa modal Guru Privat
Kerja sampingan tanpa modal Guru Privat

Jika kamu memiliki kemampuan akademis yang baik dan merasa mempunyai keunggulan, kamu bisa sekali untuk menjadi guru privat online ataupun offline. Kamu bisa memulainya dengan mengajar anak-anak SD atau bahkan SMA jika memang kamu percaya diri dengan kemampuanmu. 

6. Menjadi Dropshipper

Kerja sampingan tanpa modal Dropshipper
Kerja sampingan tanpa modal Dropshipper

Mau menjadi penjual online tanpa modal? Jelas menjadi dropshipper menjadi jawabannya. Kamu tidak perlu modal untuk menjadi penjual jika kamu hanya sebagai dropshipper, karena pada prinsipnya dropshipper hanya akan mengirimkan alamat pembeli kepada supplier utama dan nantinya supplier ini yang akan mengirimkan barangnya, kamu akan segera menerima pembayaran jika barang sudah sampai kepada pembeli. Mudah bukan? Selamat mencoba!

7. Menjadi Pembuat Website

Kerja sampingan tanpa modal Pembuat Website
Kerja sampingan tanpa modal Pembuat Website

Jika kamu memiliki kemampuan lebih dalam bidang komputer, ini bisa jadi ladang uang untukmu! Tidak semua orang memiliki kemampuan ini loh! Nah, jika kamu merasa memiliki kemampuan ini maka kamu bisa langsung saja mencari lowongannya ataupun menawarkan diri kamu kepada orang-orang yang membutuhkan.

8. Menjadi Pengisi Survey Online

Apa maksudnya? Nah maksudnya ini ialah kamu hanya mengisi survey-survey saja loh! Kamu tidak perlu berpikir keras dan hanya perlu mengikuti aturan yang sudah ditentukan saja loh! Berikut kami berikan situs yang bisa kamu akses yaa

  1. ViewFruit,
  2. YouGov Indonesia,
  3. Clixsense,
  4. OpinionWorld,
  5. GlobalTestMarket,
  6. Mobrog, dan
  7. SurveyOn

9. Mengikuti Program Afiliasi

Program afiliasi maksudnya ialah program yang memberikan kamu komisi setelah berhasil menjual suatu produk ya! Atau dalam arti lain bahwa afilisiasi ini sebuah program revenue sharing atau berbagi pendapatan.

Banyak sekali perusahaan yang membuka program afilisiasi ini seperti Zalora, Bukalapak, Tokopedia, dan lainnya.

10. Menjadi Influencer

Young woman during presentation at conference

Seperti artinya influencer adalah orang yang berpengaruh, maka pada pekerjaan sampingan ini ialah kamu menjadi pengaruh, eits tapi bukan pengaruh yang buruk ya. Kamu bisa menjadi influencer dengan cara misalnya sharing mengenai pengalaman kamu, sharing mengenai keseharian kamu, sharing mengenai profesi kamu yang dikemas dalam bentuk konten yang bisa dinikmati oleh pengikut kamu! Memang cukup menguras pikiran jika menjadi influencer ini namun ini sangat cocok sekali bagi kamu yang ingin menjadi “pengaruh” bagi orang-orang. Penghasilannya pun tidak main-main jika kamu sudah menjadi influencer yang besar!

Nah itu dia 10 kerja sampingan yang bisa kamu lakukan tanpa modal. Rata-rata sih bisa dilakukan di rumah yaa. Jadi kamu bisa sekali untuk memulai memikirkan kira-kira yang mana nih yang cocok sebagai pekerjaan sampingan kamu.

Nah selanjutnya pasti bertanya nih, kira-kira di mana untuk akses situs mencari pekerjaan sampingan ini? Kamu bisa membacanya melalui artikel di sini ya!

Leave a Reply