10 Tips Manajemen Waktu yang Efektif Saat Bekerja

Businessmen and Clock

Setelah memasuki dunia kerja, kamu mulai dituntut untuk menjadi profesional. Kamu harus bertanggung jawab dengan apa yang dikerjakan. Namun, pasti ada saja kendala dalam menyelesaikan pekerjaannya, terlebih lagi harus tepat waktu. Pernah keteteran dalam mengerjakan sesuatu atau malau sering dan malah terkesan dikejar-kejar waktu saat bekerja? Merasa bahwa kerjaan kamu tidak selesai-selesai dan sering capek? Coba yuk kamu bisa cek tips dalam memanajemen waktu berikut ini:

1. Disiplin waktu

Bagi kamu yang baru saja memulai menerapkan manajemen waktu maka hal ini perlu disiplin yang sangat tinggi. Kamu perlu membiasakan diri dan dengan kata lain tidak menunda-nunda waktu jika terbiasa masih menunda pekerjaan. Mulai saat ini biasakan untuk tidak menunda pekerjaan dan sistem kebut semalam demi manajemen waktu yang baik.

2. Membuat jadwal perencanaan

Jadwal perencanaan akan mempermudah kamu untuk menentukan kira-kira tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Memang terlalu banyaknya pekerjaan sering sekali membuat kamu menjadi pelupa. Maka dari itu, permudahlah dirimu dengan membuat catatan jadwal yang bisa dibuat melalui ponsel, jurnal, ataupun media lainnya yang bisa kamu gunakan.

3. Membuat prioritas

Membuat skala prioritas akan mempermudah kamu untuk menentukan kira-kira tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Kamu dapat menuliskan kira-kira tugas mana dulu yang harus kamu selesaikan berdasarkan dari sifatnya yang paling penting hingga dirasa tugas yang memiliki tenggang waktu yang lebih banyak.

4. Fokus dengan apa yang dikerjakan

Usahakan dirimu fokus terhadap jadwal perencanaan dan skala prioritas yang sudah kamu agendakan dan jangan mudah goyah dengan tergoda oleh hal-hal lain. Fokuslah untuk segera menyelesaikan apa yang harus diselesaikan.

5. Jangan kebanyakan untuk berpikir

Berpikir memang perlu, tapi kebanyakan berpikir juga dapat menghambat kelancaran progress kamu. Segera eksekusi sesuai dengan agenda yang telah kamu buat dan harus berani untuk memulai.

6. Buatlah tujuan yang jelas agar mudah diselesaikan

Jika kamu sudah mengerti mengenai kerangka tujuan dari pekerjaan kamu, maka akan lebih mudah untuk diselesaikan. Karena kamu tidak akan kebingungan lagi untuk melakukan apa lagi kedepannya.

7. Berilah jeda untuk beristirahat sejenak

Meskipun kamu memiliki agenda yang telah kamu buat dan berusaha untuk menyelesaikannya, tetapi bekerja terus menerus tanpa adanya jeda juga dapat merusak tubuh kamu secara perlahan dan menurunkan konsentrasimu. Maka berilah jeda setiap 15-20 menit ketika bekerja untuk sekedar merilekskan mata, badan, dan pikiran kamu.

8. Tidurlah yang cukup

Jika kamu merasa begadang dapat membuat kamu menjadi mudah lelah dan sangat sulit fokus, maka berhentilah. Tidur dengan waktu yang cukup setiap harinya, jangan memaksakan diri untuk lembur jika hal itu tidak mendesak. Memanajemen waktu tidur merupakan hal yang penting karena kesehatan adalah aset yang berharga.

9. Jangan takut untuk salah

Memanajemen waktu pastinya tidak akan berkembang jika kamu tidak bisa mengambil keputusan untuk diri kamu sendiri dan takut untuk mengambil risiko, karena nantinya risiko yang kamu dapat dari sebuah pengambilan keputusan akan membuat diri kamu semakin berkembang. Jangan pernah takut untuk salah, lakukan terlebih dahulu namun perlu juga untuk mempertimbangkan hal-hal yang terjadi sebaik mungkin.

10. Hindari diri dari stress

Hindari diri kamu dari stress. Jika kamu merasa apa yang kamu kerjakan begitu berat maka ini dapat merusak konsentrasi kamu dan pasti akan sulit untuk memanajemen waktu kamu juga. Sarannya, disamping pembuatan agenda pekerjaan tetapi kamu kamu dapat membuat agenda untuk membahagiakan diri kamu loh. Supaya apa yang telah kamu agendakan dapat dilaksanakan tanpa perlu memikirkan stress berlebih.

Ingatlah bahwa waktu tidak dapat diulang, jika kamu menerapkan tips manajemen waktu di atas maka manajemen waktu kamu akan lebih mudah dilakukan. Kamu harus bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan jangan lupa untuk menetapkan tujuan yang jelas sehingga kamu tahu untuk apa waktu yang kamu gunakan. 

Leave a Reply