10 Tips Interview Kerja Online yang Harus Dipelajari

Sudah berhasil melewati tahap screening CV tapi masih bingung dan belum paham dengan interview online atau sering gagal dalam interview online? 

Yuk simak saja tips dari kami untuk sukses menghadapi interview secara online berikut ini:

1. Melakukan Riset

Disaat kamu sudah mencapai tahap interview kerja, maka yang pertama kali kamu lakukan adalah riset. Baik ketika kamu interview online ataupun offline, lakukan lah riset secara mendalam terkait perusahaan yang kamu lamar. 

Gunakanlah mesin pencarian seperti Google, website resmi perusahaan atau platform lainnya yang dapat membantu kamu mendapatkan informasi seputar perusahaan kamu, yang perlu kamu ketahui ialah lingkup industri, produk, atau pencapain perusahaan tersebut. Nantinya pengetahuan ini dapat kamu gunakan untuk sesi diskusi atau tanya jawab bersama pewawancara.

2. Cek Kesiapan Teknis

Ketika interview online kamu harus ekstra untuk menyiapkan keperluan secara teknisnya. Ada 4 hal yang perlu kamu benar-benar perhatikan:

Koneksi internet

Hal yang penting pertama ialah koneksi internet. Kamu harus memastikan bahwa pada saat wawancara berlangsung, internet yang kamu gunakan tidak terjadi gangguan. Meskipun kita tidak tahu ya akan ada hal apa yang akan terjadi, sebaiknya kamu menyiapkan koneksi lainnya, misalnya jika kamu menggunakan Wi-Fi atau jaringan internet melalui provider hp kamu sendiri. 

Pengaturan kamera

Cek kondisi kamera kamu dan jangan sampai terlihat terlalu gelap atau juga 

terang di kamera. Pastikan wajah kamu dapat terlihat sangat jelas di depan layar.

Pengaturan audio

Faktor penting lainnya ialah kualitas audio, pastikan bahwa mikrofon dan speaker berfungsi dengan baik. Jangan sampai suara kamu tidak terdengar oleh pewawancara. Biar kamu dapat mendengar suara pewawancara dengan jelas sebaiknya pertimbangkan saja untuk menggunakan headset. Namun sebelumnya lebih baik ditanyakan saja kepada pewawancara apakah diperbolehkan untuk menggunakan headset atau tidak.

Cek platform video yang digunakan

Karena setiap kebijakan perusahaan berbeda, maka sebaiknya kamu memperhatikan, platform apa yang akan digunakan. Misalnya yang paling umum adalah penggunaan platform Google Meets atau Zoom atau yang lainnya. Kamu harus mencobanya terlebih dahulu dan juga mempelajari fitur-fitur yang ada agar kamu dapat lebih siap lagi.

3. Memilih lokasi yang tenang dan pastinya membuat kamu nyaman

Pemilihan lokasi menjadi penting ketika interview online. Karena tentunya kami yakin bahwa kamu tidak ingin ada suara bising yang muncul tiba-tiba ketika kamu sedang melakukan sesi wawancara. Biasanya ada suara tetangga, suara mesin motor atau mobil, dan lain sebagainya. Maka kamu bisa menentukan lokasi terlebih dahulu sebelum melakukan wawancara.

4. Menentukan latar belakang

Selain lokasi, latar belakang juga sangat penting. Kamu perlu menggunakan background yang profesional dan sebaiknya gunakan saja latar belakang yang polos agar pewawancara tidak teralihkan oleh hal-hal yang ada di sekitar kamu jika tidak menggunakan background polos.

5. Membiasakan berbicara pelan dan jelas

Mengapa hal ini diperlukan? Karena meskipun interview online masih memberikan kesan real-time namun tidak menutup kemungkinan bahwa akan adanya delay yang terjadi akibat koneksi yang buruk. Mulai saat ini kamu bisa berlatih untuk berbicara secara pelan namun jelas dan tidak terburu-buru agar pewawancara dapat mendengarkan suara dan memahami kata-kata yang kamu sampaikan. 

6. Dengarkan terlebih dahulu dan jangan memotong omongan lawan bicara

Selain kemampuan berbicara yang perlu diperhatikan ketika interview, maka kemampuan mendengarkan dan memperhatikan apa yang pewawancara bicarakan juga sangat penting. Ketika pewawancara menyampaikan pertanyaan, jangan langsung dijawab, lagi-lagi kita memastikan bahwa agar tidak berkesan dan memastikan bahwa tidak memotong pembicaraan pewawancara.

7. Mempersiapkan pakaian

Jika kamu masih menggunakan kaos ketika wawancara maka mulai sekarang tinggalkan dan ubah ya kebiasaan seperti itu. Meskipun kamu sedang wawancara online dan tidak berhadapan secara langsung dengan pewawancara kamu harus tetap menjaga penampilan. Tetap gunakan pakaian seperti kamu akan wawancara secara online dan menggunakan bawahan yang sejenis juga dapat dipertimbangkan oleh kamu. Namun sebaiknya gunakan pakaian yang formal.

8. Menjaga bahasa tubuh

Sama seperti menyiapkan pakaian, hal penting meskipun kita tidak bertemu secara langsung dan hanya interview online adalah menjaga bahasa tubuh. Bahasa tubuh menjadi perhatian yang penting loh oleh pewawancara. Biasakan lah posisi tubuh kamu secara tegak dan mata menatap kepada kamera. Jangan sampai membungkuk atau juga memegang kepala dengan dua tangan, lebih baik letakan tangan di atas pangkuan kaki agar tidak mengganggu fokus dari pewawancara.

9. Menguasai pertanyaan yang biasanya muncul saat wawancara

Jangan lupa untuk berlatih menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pewawancara! Kami telah membuat list 35 pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pewawancara apa saja di sini 35 Pertanyaan Yang Paling Sering Diajukan Saat Interview Kerja dan Cara Menjawabnya silahkan untuk dibaca ya.

10. Mengirim pesan ucapan terima kasih kepada pewawancara

Hal terakhir yang penting juga adalah bahwa kamu dapat mengirim pesan kepada pewawancara ketika sudah selesai. Mengirim pesannya ke mana? Disesuaikan dengan melalui apa kamu berkomunikasi dengan pewawancara. Karena ada yang menggunakan E-Mail atau juga aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, hal ini bisa kamu sesuaikan. Kamu dapat mengucapkan terima kasih, kesan, dan harapan kamu kepada pewawancara.

Itu dia 10 tips yang dapat kamu lakukan ketika sedang interview online. Namun banyak poin juga yang dapat digunakan untuk interview secara offline. Kamu dapat menyesuaikannya saja sesuai situasi dan kondisi yang kamu hadapi. Selamat berjuang ya!

Leave a Reply