28 Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya Tahun 2022

Pencarian situs freelance terbaik
Pencarian situs freelance terbaik

Pada artikel kami sebelumnya, membahas mengenai pekerjaan sampingan apa saja yang dapat dilakukan oleh kamu yang ingin mendapatkan penghasilan lain. Namun, pada artikel ini kamu akan mengetahui situs freelance terbaik dan terpercaya yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan lebih.

Kami merangkum ada 28 platform/aplikasi/situs terbaik dan terpercaya untuk freelance yang dapat kamu gunakan untuk membantu kamu mencari pekerjaan sesuai dengan skill dan minat kami. Selamat membaca dan langsung saja dipraktekan!

1. Freelance Indonesia

Website Freelancer
Situs website freelancer

Website ini merupakan salah satu situs freelancer terbesar di Indonesia. Kamu dapat menemukan berbagai jenis pekerjaan dalam situs freelance ini seperti IT, desain grafis, SEO specialist, translator, data entry, dan lain sebagainya.

2. Sribulancer

Situs website Sribulancer
Situs website Sribulancer

Salah satu situs freelance Indonesia terbaik juga. Pada website ini kamu dapat menemukan beragam pekerjaan yang dapat dilamar melalui situs ini langsung.

3. Sribu

Situs Freelancer Sribu
Situs Freelancer Sribu

Berada pada naungan yang sama dengan Sribulancer, Sribu ini hanya berfokus pada bidang desain saja berbeda dengan Sribulancer yang menyediakan untuk berbagai bidang. 

4. Projects

Situs Freelancer Projects
Situs Freelancer Projects

Jasa yang disediakan melalui situs ini merupakan hal-hal yang berbau teknologi, seperti 3D modeling dan animasi, data mining dan data entry, marketing dan social media, dan lain sebagainya. Namun ada yang lain juga seperti menjadi asisten pribadi, pengajar, dan lainnya.

5. Fiverr

Situs Freelancer Fiverr
Situs Freelancer Fiverr

Melalui situs ini, freelancer dapat menampilkan proyek yang telah diselesaikan kepada publik supaya calon pengguna jasa dapat memilih siapa saja yang menarik perhatiannya dengan mudah. Fiverr juga menyediakan pelatihan gratis untuk mengembangkan skill kamu dan mengajarkan bagaimana cara mendapatkan klien.

6. Fastwork

Situs Freelancer Fastwork
Situs Freelancer Fastwork

Pada website ini kamu dapat menemukan berbagai pekerjaan yang umumnya meliputi area teknologi digital, mulai dari desain grafis sampai gaya hidup seperti menulis caption untuk akun sosial media dan menjadi planner itinerary perjalanan.

7. Upwork

Situs Freelancer Upwork
Situs Freelancer Upwork

Upwork memberikan kamu tools untuk mendukung perjalanan karir freelance kamu, seperti collaborative space, membuat invoice bawaan, serta proses rekrutmen yang transparan. Kamu juga dapat bekerja untuk berbagai klien terkenal seperti Microsoft, Airbnb, Dropbox, dan lainnya.

8. Toptal

Situs Freelancer Toptal
Situs Freelancer Toptal

Website freelance yang menjanjikan perusahaan bahwa mereka dapat menyewa 3% freelancer global teratas. Tentunya, kamu dapat menjadi salah satunya jika kamu bekerja cukup keras dalam membangun keterampilanmu.

9. Guru

Situs Freelancer Guru
Situs Freelancer Guru

Jika kamu sudah mendaftar di platform ini, maka akan menjadi bagian dari jutaan freelancer di seluruh dunia yang mencari berbagai macam pekerjaan seperti web development, penulis, arsitektur, dan lainnya.

10. ProZ

Situs Freelancer ProZ
Situs Freelancer ProZ

Situs ini merupakan pilihan tepat jika kamu mempunyai pengalaman di bidang bahasa seperti penerjemah, subtitling, atau penulisan, cobalah untuk mencarinya di sini.

11. 99designs

Situs Freelancer 99designs
Situs Freelancer 99designs

Seperti namanya, situs ini berfokus pada desainer, pembuatan logo, hingga sampul buku.

12. Superprof

Situs Freelancer superprof
Situs Freelancer superprof

Mirip dengan ProZ, superprof ini merupakan situs freelancer yang berfokus pada bidang tutoring bahasa. Jika kamu mempunyai keahlian dalam bidang bahasa dan passionate dalam mengajar maka kamu dapat mencoba melalui situs ini.

13. Indeed

Situs Freelancer Indeed
Situs Freelancer Indeed

Selain untuk mencari pekerjaan secara full-time, di sini kamu juga dapat mencari freelance yang umumnya diposting oleh perusahaan yang sudah kredibel.

14. OLX

Situs Freelancer Olx
Situs Freelancer Olx

Jika selama ini kamu mengenal OLX sebagai situs jual beli barang, ternyata mereka juga menyediakan tempat untuk menawarkan pekerjaan dan ada banyak sekali pekerjaan freelance yang ditawarkan seperti guru, penulis, dan lainnya. Namun, kamu harus tetap waspada, karena OLX belum mempunyai sistem yang terintegrasi sehingga proses transaksinya perlu dilakukan di luar website.

15. LinkedIn

Situs Freelancer LinkedIn
Situs Freelancer LinkedIn

Sama seperti Indeed, selain kamu bisa menemukan pekerjaan full-time di sini juga kamu bisa mencari pekerjaan freelance, baik remote work ataupun kerja lepas yang ada di sekitar kamu. Kamu dapat menyesuaikan saja dengan jenis pekerjaan yang diinginkan pada filternya.

16. SimplyHired

Situs Freelancer SimplyHired
Situs Freelancer SimplyHired

Salah satu fitur yang terbaik dari situs ini adalah kamu dapat mencari pekerjaan lepas di lokasi terdekat kamu. Ditambah lagi adanya ‘top salaries’ yang bisa digunakan  untuk memperkirakan harga jasa kamu. 

17. PeoplePerHour

Situs Freelancer PeoplePerHour
Situs Freelancer PeoplePerHour

Pada situs ini, tiap freelancer akan mendapatkan rating, yang mana sangat berguna untuk meningkatkan promosi.

18. FlexJobs

Situs Freelancer FlexJobs
Situs Freelancer FlexJobs

Pada website ini, kamu perlu 14,95 USD untuk mendapatkan akses penuh ke jaringan perusahaan yang luas, berbagai tes keterampilan, dan deskripsi terperinci dari tiap perusahaan.

19. Translators Cafe

Situs Freelancer Translators Cafe
Situs Freelancer Translators Cafe

Sama seperti namanya, pada situs ini berfokus pada bidang penerjemahan dan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan seorang linguist. Ada banyak sekali pekerjaan yang diposting di website ini setiap harinya, dari perusahaan-perusahaan ternama maupun project manager yang sedang mencari penerjemah.

20. Dribbble

Situs Freelancer Dribbble
Situs Freelancer Dribbble

Biasanya situs ini digunakan oleh seniman dan desainer untuk membangun portofolio mereka dan mempromosikan merek mereka sendiri. Untuk menemukan peluang kerja, kamu dapat membuka job board di browser dan pekerjaannya termasuk UI/UX design dan pembuatan konten. Namun, akses ke daftar pekerjaan terbatas untuk pengguna versi premium dengan biaya $5 hingga $15 per bulan nya yang kemudian akan memasukan kamu ke daftar prioritas pencarian tenaga kerja lepas.

21. Behance

Situs ini merupakan situs yang tepat untuk kamu yang bekerja di bidang kreatif. Behance menyediakan tempat yang dapat memudahkan pembeli untuk menemukan freelancer yang tepat. Pada situs ini, semakin banyak profil yang kamu ikuti, semakin banyak pula postingan yang akan muncul di feed.

22. ServiceScape

Situs ini dikhususkan untuk penulis lepas, editorila, dan penerjemah. Platform ini bisa membantu untuk membangun profil dan mempromosikannya ke basis data milik klien yang berkembang. Pada situs ini kamu perlu melengkapi profil kamu, karena kamu hanya cukup menunggu penawaran job dari klien tanpa perlu mengirimkan penawaran.

23. Writers Access

Situs Freelancer Writer Accsess
Situs Freelancer Writer Accsess

Jika kamu ingin menjadi seorang penulis lepas, maka situs ini merupakan platform yang tepat. Situs ini memiliki berbagai macam pekerjaan terkait menulis artikel online, studi kasus, laporan ilmiah dan lainnya.

Situs ini juga mempunyai banyak tools seperti content analytics, keyword optimizations, dan content planner agar pekerjaan kamu lebih efisien. 

24. Designhill

Situs Freelancer Designhill
Situs Freelancer Designhill

Situs ini menawarkan harga transparan di muka sehingga nantinya klien dapat melihat dan memperkirakan biaya desain yang telah selesai. Fitur ini sangat berguna karena ada begitu banyak pekerjaan desain dengan harga yang juga berbeda.

25. CrowdSource

Situs Freelancer Crowdsource
Situs Freelancer Crowdsource

Jika kamu mencari pekerjaan freelance di bidang pembuatan konten, editing, perusahaan media, maupun penerbit, maka situs ini merupakan situs freelance yang wajib kamu kunjungi.

26. Aquent

Situs Freelancer Aquent
Situs Freelancer Aquent

Situs ini merupakan situs yang mempromosikan diri sebagai sebuah agensi penyedia tenaga kerja kreatif. 

27. SociaBuzz

Situs Freelancer SociaBuzz
Situs Freelancer SociaBuzz

Melalui website ini, jika kamu memiliki kemampuan di bidang fotografi dan pemodelan, maka situs freelance ini dapat menjadi tempat yang cocok untuk menawarkan jasa kamu. Jika kamu memiliki jumlah followers yang besar di media sosial atau keterampilan lain sebagai make up artist, MC, dan lainnya kamu juga bisa menjual jasa kamu di SociaBuzz marketplace.

28. Freelance Writing

Sesuai namanya maka situs freelance terbaik ini khusus menyediakan jasa penulisan, jika kamu seorang penulis maka jelas, situs ini wajib untuk kamu kunjungi. Selain memiliki berbagai jenis pekerjaan freelance di bidang penulisan, freelance writing juga menyediakan pilihan artikel yang dapat membantu kamu untuk mengembangkan skill menulismu. 

Nah itu dia 28 situs untuk freelance terbaik dan terpercaya yang kami rangkum. Kamu dapat membaca lebih lanjut dengan klik link yang sudah disediakan saja ya!

Dengan menjadi freelancer akan memberikan kamu fleksibilitas dalam menentukan pekerjaan dan kamu dapat bebas mengerjakannya di mana saja. Jadi bagaimana, apakah kamu sudah yakin? Langsung saja mulai prakteknya sekarang juga!

Jika kamu kesulitan dalam membuat CV yang akan kamu tampilkan kamu dapat membuatnya dulu di GetHired karena hanya perlu waktu 10 menit dalam membuat CVnya.

Kamu dapat juga menyimak blog GetHired untuk tips-tips dalam pekerjaan dan kehidupan lainnya!

Leave a Reply