10 Tips Karier Agar Mudah Mendapat Kerja Untuk Fresh Graduate

Sebagai fresh garduate, dari mulai menjelang kelulusan perkuliahan hingga sebelum wisuda pasti memikirkan untuk dapat pekerjaan yang diidamkan. Namun, tidak semua orang loh ternyata dapat mendapatkan kesempatan ini dengan mudah.

Tidak perlu khawatir, jika kamu menemukan artikel ini maka kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai karier kamu kedepannnya. Pada artikel ini kami ingin mencoba untuk memberikan tips agar memudahkan fresh graduate untuk menata kariernya dalam mendapatkan pekerjaan yang dapat diterapkan mulai sekarang jug

1. Mengenali potensi diri

Saat baru lulus, tidak semua orang sudah mengetahui apa keinginan dan kemampuannya setelah belajar selama 4 tahun di bangku perkuliahan. Oleh karena itu, penting bagi fresh graduate untuk bisa memanfaatkan waktu setelah lulus dari perkuliahan untuk mencari tahu kira-kira bidang apa yang paling disukainya dan antusias saat mengerjakannya.

Tidak perlu khawatir, bidang tersebut tidak harus sesuai loh dengan jurusan perkuliahan, saat ini untuk meningkatkan skill lain juga bidang dilakukan dengan belajar sendiri, mengikuti pelatihan, atau kelas profesional. Setelah tahu bidang apa yang lebih membuat antusias, mulailah untuk mempersiapkan mendalaminya.

2. Menggunakan alamat Email yang profesional

Jika selama ini kamu masih menggunakan alamat email yang asal-asalan, ini saatnya kamu mengganti menjadi nama asli kamu saat mulai mencari kerja. Hal ini supaya mempermudah kamu dikenali dan sama dengan identitas seperti yang tertera dalam berkas-berkas lamaran.

3. Membuat CV yang baik dan benar

Bagi fresh graduate, permasalahan ini juga sering sekali dihadapi. Kami telah membuat artikel terkait yang dapat membantu kamu untuk membuat CV yang baik dan benar 7 Tips Jitu Membuat CV Menarik agar Dilirik HRD. Silahkan untuk di baca ya dan nanti kembali lagi ke sini!

4. Memanfaatkan aplikasi pencarian kerja

Perkembangan zaman yang semakin maju membuat kemudahan bagi manusia untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan. Saat ini sangat banyak sekali platform/aplikasi/situs resmi untuk mencari pekerjaan yang bisa kamu akses dari rumah, jadinya kamu tidak perlu repot-repot untuk keluar rumah dan mencari tempat kerja secara offline. 

Biasanya kamu hanya perlu membuat akun, membuat profile, dan mencari pekerjaan yang kamu inginkan melalui platform/aplikasi/situs tersebut.

5. Memanfaatkan media sosial

Jika selama ini kamu jarang menggunakan sosial media atau hanya menggunakan sosial media untuk mencari hiburan, mulai tambahkan dimulai saat ini untuk memanfaatkan media sosial yang juga mempunyai banyak informasi seputar lowongan pekerjaan.

6. Memanfaatkan kenalan/relasi

Setelah lulus, jangan malu-malu dan sungkan untuk bertanya kepada saudara atau teman kamu yang sudah bekerja. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari tahu informasi lowongan pekerjaan yang masih dibuka. 

7. Jangan terlalu memilih

Jika kamu dihadapkan pada pilihan pekerjaan yang tidak sesuai maka pertimbangkanlah untuk menerima kesempatan berharga ini. Hal ini bisa dipertimbangkan sebagai pengalaman pada tahap awal yang bisa dijadikan sebagai batu loncatan untuk karier kamu selanjutnya. 

8. Memasukan pengalaman lengkap

Umumnya sebagai fresh graduate, pengalaman kerjanya masih minim. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa sebaiknya di CV kamu menulis skill yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar, sebaiknya jika kamu memang baru memulai karier masukkanlah segala pengalaman yang kamu punya semasa perkuliahan. Kamu dapat memasukan pengalaman berorganisasi, kepanitiaan, lomba, volunteer, dan apapun yang dapat menambah nilai pada CV-mu.

9. Tekankan skill yang dapat menunjang profesionalisme kamu

Sudah banyak fakta bahwa perusahaan pasti mengedepankan profesionalisme, perusahaan bukan hanya mencari hard skill namun juga soft skill. Kamu harus bisa menunjukkan soft skill yang profesional seperti kecerdasan emosional, berpikir kritis, pemecahan masalah, dan public speaking.

10. Tetap yakin, percaya dengan kemampuan diri sendiri, dan rendah hati

Meskipun kami percaya diri terhadap yang sudah kamu seperti pengalaman-pengalaman di masa perkuliahan, akan tetapi jangan sampai ini menjadikanmu menjadi angkuh. Tekankan pada diri kamu bahwa kamu memiliki minat belajar yang tinggi dan memungkinkan kamu untuk bisa bekerja sama dengan baik dengan rekan di perusahaan dan ingin terus berkembang.

Semoga 10 tips di atas dapat membantu kamu yang masih merasa kebingungan dalam menyusun karier kamu. Jangan lupa untuk dicatat dan dipraktikan ya!

Kamu dapat juga menyimak blog GetHired untuk tips-tips dalam pekerjaan dan kehidupan lainnya!

Leave a Reply