Tips dan Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia untuk Fresh Graduate

Contoh surat lamaran kerja fresh graduate sangat dibutuhkan sekali bagi pelamar yang baru saja menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi. Berikut kami berikan cara membuat lamaran kerja yang simple beserta contohnya:

Contoh-contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate sangat beragam. Namun biasanya rata-rata tersebut pastinya memuat beberapa poin penting yang ada kaitannya dengan profil, pengalaman kerja atau organisasi dan masih banyak lainnya.

Saat ini, surat lamaran kerja lebih sering disebut sebagai cover letter. Bagi fresh graduate, surat lamaran kerja ini harus dibuat sebaik mungkin agar mampu meyakinkan pihak rekruter supaya mau melirik profilnya.

Berikut contoh surat lamaran kerja fresh graduate yang simple, baik, dan benar beserta pembahasannya.

Tips membuat surat lamaran kerja untuk fresh graduate

Surat lamaran kerja berisikan keterangan singkat seperti profil dan biasanya menjelaskan terkait kemampuan dan pengalaman terkait jenis pekerjaan yang ingin dilamar harus dicantumkan.

Contoh surat lamaran kerja sifatnya harus melengkapi keterangan yang sudah ada di curriculum vitae (CV) bukan justru sebaliknya. Dokumen atau surat lamaran ini dibuat dengan kalimat yang singkat dan efektif.

Kesulitan atau hal umum yang biasanya ditemukan dari pelamar fresh graduate ini adalah belum mempunyai pengalaman kerja yang cukup. Akan tetapi, hal ini bukan menjadi permasalahan besar ketika kamu mampu menarik minat rekruter melalui surat lamaran kamu tersebut.

Berikut tips-tips yang dapat kamu lakukan untuk menyusun surat lamaran kerja sebagai fresh graduate:

1. Jadikan dokumen pelengkap CV

Isi dari surat lamaran kerja biasanya seputar latar belakang, pendidikan, keahlian, pengalaman, dan sebagainya. Namun uraian dalam surat lamaran ini tidak terlalu panjang. Alasannya ialah beberapa poin yang menyangkut terkait profil pelamar kerja sudah dijelaskan pada CV yang dikirimkan. Oleh karena itu, gunakan surat lamaran sebagai dokumen pendukung CV supaya pihak rekruter melirik kamu dan ingin meluangkan waktunya untuk membaca lamaran yang dikirimkan.

Poin penting yang biasanya menjadi kesalahan besar sebagai pelamar fresh graduate mengulang kembali isi dari CV. sebaiknya hal ini diganti dan dibuat sebagai dokumen pendukung yang isi kontennya mewakili kualitas kepribadian dari pelamar kerja.

2. Tunjukan sisi kreativitas

Sebagai pelamar fresh graduate kamu harus bisa membuat surat lamaran kerja yang menjelaskan kualitas kamu. Sehingga nantinya pihak rekruter dapat menaruh perhatian lebih pada lamaranmu. Singkatnya dokumen ini dapat dibuat dan disusun sekreatif mungkin. Jangan sampai kamu meniru apa yang sudah ada di internet namun tidak kamu buat ulang dan tidak membuatnya menjadi kreatif.

3. Mulai dengan kualifikasi diri

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa surat lamaran kerja sifatnya untuk melengkapi CV. bukan mengulang atau menuliskan kembali isi dari dokumen tersebut. Mulai saat ini, buatlah surat lamaran kerja yang dapat menjelaskan secara ringkas perihal kualifikasi diri. Misalnya menguraikan pencapaian dan prestasi di kampus atau semacamnya.

Agar surat lamaran kerja dapat semakin menarik, usahakanlah untuk menyesuaikan dengan posisi yang dilamar. Oleh karena itu, sebelum membuat surat lamaran langkah pertama adalah harus dilakukan riset terkait posisi tersebut.

4. Disusun menggunakan kalimat yang singkat, efektif, dan menarik

Biasakan untuk menggunakan kalimat singkat, efektif, dan menarik saat menyusun surat lamaran kerja. Hal ini akan membantu kamu untuk mendapatkan perhatian lebih dari pihak rekruter.

Itulah beberapa tips membuat surat lamaran kerja simple untuk fresh graduate. Selanjutnya kami berikan contoh yang dapat dijadikan sebagai surat lamaran kerja kamu!

Kepada Yth. Bapak/Ibu Pimpinan HRD  

(Nama perusahaan)  

di tempat    

Dengan hormat,  

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari (sumber informasi), dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai (posisi yang dilamar) di (nama perusahaan).  

Saya pria, berusia 24 tahun, lulusan S1 Akuntansi, Universitas (nama kampus dan tahun lulus) . Berikut data pribadi saya:  

Nama: …………………  

Tempat, tanggal lahir: ………..  

Pendidikan terakhir: …………  

Alamat: ……………….  

Saat ini, saya dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani. Saya juga aktif berorganisasi, memiliki kemampuan bahasa Inggris, baik aktif maupun pasif, dan bisa bekerja secara mandiri maupun tim.  

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen berikut:  

  • Daftar riwayat hidup;  
  • Foto copy ijazah terakhir;  
  • Fotocopy transkrip nilai;  
  • Sertifikat pelatihan; dan 
  • Pas foto terbaru.  

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.    

Hormat saya,  

(Nama pelamar)

Itulah tips dan contoh surat lamaran kerja yang dapat kamu jadikan sebagai contoh dan pastinya juga dapat disesuaikan dengan latar belakang kamu. Usahakan untuk mengisi dokumen tersebut secara ringkas dan menarik supaya pihak rekruter mampu membacanya.

Leave a Reply