Jangan Bingung Lagi! Ini Perbedaan Inteview HRD dan User yang Harus Kamu Tahu!

Salah satu tahap yang penting dan pasti dilewati saat melamar pekerjaan adalah tahap Interview. Interview akan menjadi proses untuk melihat karakter serta kemampuan kamu untuk bekerja bersama mereka. 

Selain itu juga proses ini menjadi salah satu pertimbangan dalam mengambil keputusan. Jika saat ini kamu sedang dalam proses mencari kerja, maka pasti kamu juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi interview dengan baik.

Proses interview pada umumnya terjadi 2 kali yakni di awal dan diakhir proses perekrutan. Kedua tahap interview ini tentunya akan berbeda, sebab dilakukan oleh divisi yang berbeda juga.

Masih banyak pelamar, terutama pelajar kerja yang baru dan tidak mengetahui bahwa proses interview itu ada dua. Perbedaan ini perlu kamu ketahui karena dapat membuatmu lebih siap dalam menghadapinya.

Pada tahap awal kamu akan menghadapi interview HRD sedangkan pada tahap akhirnya ialah interview user. Pastikan bahwa kamu memahami keduanya dan untuk memahami lebih lanjut, berikut adalah perbedaannya.

Interview HRD

Pada tahap rekrutmen, biasanya interview HRD dilaksanakan setelah pelamar melewati tahapan penyaringan awal. Selain itu juga, terkadang akan ada pula psikotes sebelum menuju ke tahap wawancara. Psikotes ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan kepribadian pelamar.

Setelahnya, HRD tentu harus menggali lebih dalam mengenai kepribadian pelamar apakah sesuai dengan keinginan user atau tidak. Interview HRD ini merupakan tahapan pelamar akan langsung berhadapan dengan HRD.

Pada tahap ini juga biasanya akan menghadapi cukup banyak pertanyaan terkait lamaran yang diajukan. 

Pihak perusahaan akan mencoba untuk mengenal karakter dan kemampuan kamu yang dimiliki. Tujuannya jelas, yakni untuk menilai secara detail mengenai kepribadian dan juga kemampuan untuk duduk pada posisi yang ditawarkan.

Biasanya di tahap ini, pihak HRD akan mengajukan pertanyaan seperti latar belakang dan juga kesesuaiannya dengan riwayat hidup yang dicantumkan di dalam CV kamu. 

Pihak pewawancara juga pastinya akan menanyakan mengenai aktivitas apa saja yang sedang kamu lakukan. Apakah sudah pernah bekerja, masih berkuliah atau mungkin juga baru saja lulus dan berniat mendapatkan pekerjaan pertamamu.

Selain itu, biasanya akan ditanyakan seputar kesanggupan untuk menangani pekerjaan juga mungkin ditanyakan. Berbagai pertanyaan ini akan memberikan gambaran bagi pihak HRD, apakah kamu sesuai dengan posisi tersebut dan lolos ke tahap berikutnya atau tidak.

Pastikan bahwa kamu memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi wawancara HRD ini, meskipun pertanyaan bisa dikatakan umum namun interview pertama ini juga merupakan penentu apakah kamu akan lanjut pada proses selanjutnya atau hanya berhenti pada saat itu saja.

Baca kembali CV kamu secara detail dan pahami dengan baik posisi yang dilamar. Selain itu, cari juga informasi akurat seputar perusahaan tersebut sebelum melakukan interview.

Interview User

Tahap ini akan memberikan gambaran bagi user, apakah kamu benar-benar sesuai untuk menduduki posisi yang dibutuhkan tersebut atau tidak. Selain itu, latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja juga tentunya akan menjadi pertimbangan penting.

Jika kamu sudah berhasil lolos interview HRD, maka kamu akan menghadapi interview user ini. Dalam inview user ini kamu akan langsung berhadapan dengan calon atasanmu ketika nantinya diterima.

Sebagai calon atasan kamu, user tentunya ingin mengenal dan melihat lebih jelas kemampuan kerja yang kamu punya. Hal ini biasanya berkaitan dengan keahlian dasar, latar belakang pendidikan, termasuk seperti pengalaman kerja yang selama ini sudah dimiliki di bidangmu.

Kesesuaian tersebut tentunya menjadi poin penting lainnya dalam interview ini. Selain itu juga, user biasanya kerap kali menanyakan pengalaman paling menantang yang pernah kamu tangani di dalam pekerjaan atau bidang yang kamu geluti.

Apa saja yang kamu lakukan dan hasil terbaik yang bisa kamu dapatkan dari hal tersebut. Semua ini tentunya akan memberi user gambaran tentang karakter kamu dan kemampuan kerja yang dimiliki, sehingga dapat menjadi pertimbangannya dalam mengambil keputusan.

Perbedaan yang bisa dirasakan adalah jika interview HRD lebih banyak mengupas tentang latar belakang pendidikan dan juga karakter kamu, maka pada interview user ini cenderung lebih detail lagi. User akan mencoba melihat kemampuan kerja serta pengalaman yang sudah dimiliki selama ini. Selain itu, kesiapan untuk bekerja dan mengemban tanggung jawab di dalam perusahaan juga akan menjadi perhatian penting bagi user. 

Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menunjukkan kualitas terbaik kamu di depan user. Karena interview ini akan menjadi penentu diterima atau tidaknya kamu. Oleh karena itu kamu perlu menyiapkan mental terbaik kamu agar proses ini dapat berjalan dengan lancar dan membawa langkahmu masuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

Kedua tahap ini memiliki perbedaan dan tujuannya masing-masing. Namun persamaannya adalah bahwa proses ini sama pentingnya dalam proses perekrutan, sehingga kamu perlu memahami keduanya dengan baik. Persiapkan interview tersebut dan langsung mendapatkan pekerjaan impianmu! 

Tapi ingat juga! Kamu harus bersabar dan tetap maksimal di tiap tahapannya ya!

Semoga sukses!

Leave a Reply