Membuat CV ATS Friendly Agar Dilirik oleh HRD

CV ATS Friendly
CV ATS Friendly

Pengertian CV ATS Friendly

CV ATS Friendly ialah salah satu format CV yang populer dan sering kali digunakan yang mana CV ini akan terintegrasi dengan sistem yang dinamakan ATS (Applicant Tracking System). CV ATS ini membantu juga mempermudah HRD untuk menyeleksi pelamar dalam jumlah yang sangat besar. Hal ini karena CV ATS Friendly akan otomatis terbaca sekaligus diseleksi secara langsung oleh sistem tersebut. Namun, masih banyak yang belum mengetahui cara membuat CV ATS Friendly yang betul dan tempat membuatnya yang terpercaya.

Lalu bagaimana keuntungan dari menggunakan CV ATS Friendly daripada CV pada umumnya?

Ketika kamu menggunakan CV ATS Friendly maka kamu dapat memiliki beberapa keuntungan seperti:

1. Mempermudah dalam proses seleksi

CV ATS akan mempermudah perusahaan dalam proses seleksi CV ini karena HRD tidak perlu untuk melihat secara manual satu persatu setiap CV yang masuk, melainkan sudah dibantu oleh sistem ATS yang nantinya akan otomatis melakukan seleksi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Namun tidak usah khawatir ya, biasanya yang menggunakan proses seleksi menggunakan sistem ATS ini biasanya perusahaan-perusahaan besar karena biasanya mereka akan melakukan proses rekrutmen dan seleksi ini dalam jumlah yang sangat besar sehingga memerlukan sistem ATS ini untuk membantu memudahkan menyeleksi calon karyawan yang sangat besar. Untuk itu kami sarankan jika kamu ingin melamar ke perusahan-perusahaan besar dapat menggunakan CV ATS Friendly ini agar CV kamu dapat terbaca oleh sistem dan memperbesar peluang untuk diterima di perusahaan tersebut.

2. Membuat CV kamu terlihat lebih profesional

Keunggulan lainnya ialah ketika kamu menggunakan CV ATS Friendly ini maka akan membuat kamu sebagai pelamar terkesan lebih profesional dan elegan. Format CV ATS Friendly ini mungkin terlihat sederhana namun sebetulnya jauh lebih profesional dibandingkan dengan format kreatif atau format pada umumnya yang biasanya justru terkesan membuat pusing para HRD ketika membaca atau melihatnya. Untuk itu kami sarankan agar lebih terlihat profesional meskipun perusahaan yang kamu lamar bukan perusahaan besar dan tidak menggunakan sistem ATS tetapi kamu bisa menggunakan CV ATS Friendly ini.

3. Menekan biaya proses rekrutmen dan seleksi

Keuntungan ketiga ini ialah lebih kepada sudut pandang perusahaan. Penggunaan sistem ATS ini ternyata mampu menekan proses rekrutmen dan seleksi dalam suatu perusahaan. Sistem seperti ini dapat membuat proses seleksi menjadi jauh lebih sederhana serta mampu menekan biaya lainnya sehingga jauh lebih murah dan lebih efisien untuk perusahaan.

Kapan kamu dapat menggunakan CV ATS Friendly ini?

Jawabannya ialah tergantung dirimu. Ia betul, karena sebetulnya tidak ada ketentuan khusus kapan kamu harus menggunakan CV ATS Friendly dan kapan tidak menggunakan CV ATS Friendly. 

CV ATS Friendly saat ini dapat digunakan juga untuk mendaftar beasiswa, magang, dan kegiatan lainnya yang harus melampirkan CV selain untuk melamar pekerjaan.

Seperti keuntungan yang sudah di bahas di atas pada poin kedua bahwa sebetulnya CV ATS Friendly ini dapat membantu kamu untuk terlihat lebih profesional baik untuk dirimu sendiri atau juga di mata HRD. Jadi kapan kamu harus menggunakan CV ATS Friendly? Tentunya dapat kembali lagi kepada dirimu sendiri ya. 

Eits kami juga mempunyai beberapa tips. Ketika kamu sedang mencari pekerjaan terutama ke perusahaan besar dan perusahaan tersebut memiliki website karir tersendiri maka biasanya mereka ini menggunakan sistem ATS pada proses seleksinya untuk mempermudah mereka. Namun, hal ini belum tentu terjadi ya di semua perusahaan. Ada beberapa perusahaan yang tetap menggunakan seleksi CV secara manual saja walaupun mereka memiliki website karir tersendiri.

Seperti yang sudah kami jelaskan juga bahwa penggunaan CV ATS Friendly ini pada akhirnya akan kembali kepada diri kamu sendiri. Kenapa? Karena contohnya jika kamu adalah seorang pekerja kreatif yang melamar di posisi kreatif seperti desain grafis, sebaiknya menurut kami dapat menggunakan CV yang kreatif saja agar terkesan lebih bagus, kreatif, dan secara tidak langsung menunjukkan skill desain kamu itu sendiri. Lalu biasanya jika lamaran dikirimkan melalui email, biasanya tandanya adalah perusahaan tersebut tidak menggunakan sistem ATS untuk proses rekrutmennya.

Bagaimana cara membuat CV yang ATS Friendly?

Saat ini ada cara paling mudah, efektif, dan efisien untuk membuat CV ATS Friendly, yakni melalui website kami di Gethired.id 

Berikut cara lengkap membuat CV ATS Friendly melalui website GetHired:

  1. Pertama buka website gethired.id
  2. Silahkan daftar terlebih dahulu jika belum mempunyai akunnya
  3. Jika kamu sudah melakukan registrasi, silahkan memilih CV dengan format ATS Friendly
  4. Kemudian dapat mengisi data-data yang diperlukan
  5. Langsung unduh saja

Selesai! Kamu bisa langsung mendapatkan CV ATS Friendly yang diinginkan dan dapat langsung mendaftarkannya ke tempat yang ingin kamu lamar!

Semoga beruntung!

Nah itu saja ya guys mengenai pengertian, keuntungan, dan cara membuat CV ATS Friendly kali ini! Semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang ingin membuat CV ATS Friendly untuk keperluan apapun termasuk mendapatkan pekerjaan!

Jika kamu sedang kebingungan dalam membuat CV, langsung saja dapat mengunjungi laman kami tersebut ya agar dapat terselesaikan permasalahannya!

Sampai berjumpa di postingan kami lainnya!

Leave a Reply