4 Tips Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja

Tips yang bisa kamu lakukan untuk CV tanpa pengalaman kerja
Tips yang bisa kamu lakukan untuk CV tanpa pengalaman kerja

Apakah kamu salah satu dari banyaknya lulusan baru atau lulusan lama yang tidak mempunyai pengalaman bekerja dan belum pernah mendapatkan pekerjaan hingga sekarang? Sudah mencoba melamar ke sana ke mari namun masih belum juga mendapatkan panggilan? Ada berbagai banyak faktor yang mungkin terjadi. Misalnya saja jika CV kamu tanpa pengalaman kerja, hal ini pasti menjadi pertimbangan rekruter.

Apakah saat ini juga kamu masih kebingungan dengan cara membuat CV tanpa pengalaman kerja yang benar? Masih tidak tahu apa saja isinya yang harus ditulis? Kamu sudah pernah mencoba untuk membuat CV nya tetapi sampai saat ini masih belum juga ada panggilan? 

Tenang saja, kamu akan segera mendapatkan pencerahan dan jalan keluar setelah membaca tips dari kami berikut ini. Langsung aja yuk simak 4 tips untuk membuat CV tanpa pengalaman kerja!

1. Membuat CV Anda mudah dipahami

Menurut beberapa penelitian, siapa sangka bahwa HR hanya menghabiskan waktu sekitar 6 detik saja loh untuk meninjau CV yang kamu kirim, cukup singkat bukan? Nah oleh karena itu pada saat akan membuat CV kamu dapat menentukan apa saja informasi penting yang akan kamu cantumkan. Mimin sarankan sih tulis saja informasi yang penting ini secara singkat, padat, dan jelas.

2. Tetapkan tujuan yang jelas

Saat hendak membuat CV, kamu harus bisa dengan jelas untuk menuliskan dan menunjukkan tujuan kamu dengan jelas misalnya posisi apa yang kamu harapkan atau bidang pekerjaan apa yang menarik minatmu ya. Kamu dapat menulis keterampilan sesuai dengan tujuan karir dan posisi yang kamu lamar ya, hal ini agar membantu memudahkan kamu dalam proses seleksi tahap awal.

3. Tulis secara jujur kekuatan dan kelebihan apa yang kamu miliki ya!

Buatlah CV yang kamu tulis sejujur mungkin! Karena CV ibaratkan seperti gambaran dirimu dalam bentuk profesional yang tertulis. Ketika kamu menuliskan CV secara jujur maka nanti ketika mendapatkan panggilan wawancara kamu akan mudah untuk menjelaskan mengenai apa yang sudah kamu tulis berdasarkan pengalaman-pengalaman yang sudah kamu lakukan. 

Perlu diingat, dalam menulis bagian kejujuran ini tidak perlu juga ya untuk melebih-lebihkan apa yang ada pada diri sendiri. Kamu dapat mengemas sebaik mungkin dengan kalimat-kalimat yang dapat menarik perhatian HR. Jangan lupa juga tata letak harus ditaruh dengan tepat.

4. Tuliskan pengalaman apa saja yang pernah kamu lakukan

Jika kamu belum mempunyai pengalaman kerja, kamu dapat menuliskan pengalaman organisasi, magang, prestasi, volunteer dan lain sebagainya yang pernah kamu ikuti loh. Hal ini dapat menjadi pertimbangan HR sebagai nilai tambah kamu terutama dalam aspek keaktifan dan kontribusi yang telah kamu lakukan!

Bagaimana jika tidak punya pengalaman organisasi, magang, prestasi volunteer dan lain sebagainya juga? Kamu bisa menggantinya dengan skill atau kemampuan yang kamu miliki. Kamu bisa menulis kemampuan kamu mengikuti requirement yang dibutuhkan oleh perusahaan ya. Tetapi konsekuensinya kamu harus membuat CV baru lagi jika ingin melamar para kategori/posisi yang berbeda. 

Wahh ternyata 4 tips tersebut sudah mimin berikan nih! Bagaimana setelah membacanya? Apakah cukup membantu kamu? Atau masih kebingungan? Tidak usah khawatir, untuk lebih memudahkan kamu membuat CV saat ini kami memiliki berbagai macam format CV yang bisa kamu akses di CV Online GetHired yaa dan di sini kamu dapat langsung mengunduhnya dimulai dari 19 ribuan saja! Yuk sama-sama membangun karir impianmu bersama GetHired!

Leave a Reply