Tips Cara Cermat Mengatur Gaji Bulanan Agar Bisa Menabung!

Jika kamu berada di artikel ini itu artinya kamu akan atau sedang memikirkan cara mengelola penghasilan bulanan, betul? Banyak sekali yang menghabiskan gajinya untuk membeli barang-barang idaman dan setelah barang tersebut terbeli, baru sadar bahwa uangnya tidak cukup untuk sampai gajian selanjutnya. Jika kamu tidak ingin menghadapi kondisi seperti itu, sebelum menyesal, yuk segera lakukan beberapa tips berikut ini:

1. Susun Anggaran Setiap Bulannya

Yang pertama bisa kamu lakukan dalam mengatur gaji bulanan adalah dengan membuat perencanaan dalam satu bulan. Setelah menerima gaji, segeralah membuat daftar kira-kira pengeluaran dan alokasi keuangannya.

Setiap bulannya, kamu bisa membagi gaji kamu untuk memenuhi tiga kebutuhan

  • Primer, kebutuhan yang paling prioritas
  • Sekunder
  • Tersier, kebutuhan yang paling mungkin dikorbankan dan biasanya memang tidak paling penting

Paling tidak penting bukan berarti tidak boleh ya! Kamu tetap harus loh menyisihkan dana setiap bulan untuk memanjakan diri kamu sekali-kali! Jangan sampai burn-out ya!

2. Membuat Presentase Pembagian Gaji Bulanan

Berapapun gaji kamu, lebih baik setiap bulannya juga kamu membuat presentasi pembagian gaji dan tabungan kamu ya! Dalam poin nomor 1 kan sudah disebutkan bahwa kebutuhan manusia ada tiga yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Maka ketiga kebutuhan ini dapat kami bagi dengan metode budgeting 50/30/20.

Cara membagi gaji bulanan berdasarkan metode ini adalah sebagai berikut:

  • 50% gaji dapat kamu habiskan untuk memenuhi kebutuhan primer
  • 30% untuk kebutuhan sekunder
  • 20% dapat kamu tabungkan

Setelahnya, disiplinlah untuk mengikuti metode budgeting ini setiap bulannya. Sisihkan langsung seperlima gaji yang kamu dapatkan untuk ditabung dan keluarkan tabungan kamu hanya ketika terdapat keadaan darurat saja.

3. Mengontrol Setiap Pengeluaran

Meskipun kamu sudah membagi gaji bulanan kamu dalam beberapa alokasi, namun tetap penting bagi kamu untuk mencatat setiap pengeluaran. Tujuan dalam poin ini ialah agar kamu dapat mengontrol dan mengevaluasi pengeluaran bulanan. Ketika akhir bulan, maka kamu bisa melakukan evaluasi jenis pengeluaran apa saja yang tidak begitu penting. Sehingga di bulan selanjutnya kamu dapat menahan diri untuk melakukan pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting atau sejenisnya. 

4. Membuat Minimal Dua Rekening Bank

Biasanya membuat dua rekening pada bank yang berbeda dapat membantu kamu dalam menabung. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari kamu seperti mendapatkan gaji, membayar tagihan dan belanja. Lalu untuk rekening lainnya dapat digunakan hanya untuk menabung. Lakukan seperti kewajiban yang harus kamu penuhi setiap bulannya!

5. Bijak Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Jika kamu menggunakan kartu kredit, gunakanlah dengan cerdas. Misalnya, gunakan promo yang diberikan untuk membeli  barang-barang yang dibutuhkan atau bisa dialokasikan untuk membayar semua tagihan-tagihan kamu. Jangan lupa ya untuk segera melunasi tagihan-tagihan kredit kamu ketika sudah waktunya!

6. Melakukan Perbandingan

Hal terakhir ini wajib sekali kamu lakukan! Hal ini untuk mengetahui apakah pengeluaran kamu sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat atau malah melebihi dari anggaran yang telah dibuat. Jika yang terjadi seperti itu, maka seharusnya kamu melakukan revisi terhadap anggaran tersebut. Bandingkan dengan catatan pengeluaran harian kamu! Supaya tahu untuk kebutuhan apa saja kamu mengeluarkan dana yang besar!

Itu dia tips cara mengatur gaji kamu yang dapat dicoba dan semoga kamu dapat melakukan semua tips-tips di atas ya! Jangan lupa untuk membaca tips dan trik lainnya melalui artikel-artikel yang kami terbitkan ya!

Leave a Reply