Mengenal Bootcamp Hingga Manfaaatnya

Ilustrasi sedang belajar mengenal bootcamp hingga manfaatnya
Mengenal Bootcmap Hingga Manfaatnya

Istilah mengenai pelatihan kerja tentunya tidak begitu asing lagi bagi buat kamu. Saat ini semakin banyak sekali istilah bootcamp bagi beberapa jenis bidang pekerjaan. Untuk mengenal bootcamp hingga manfaatnya kita akan coba jelaskan di sini! Bootcamp adalah sebuah program pelatihan untuk belajar skill tertentu. Saat  ini, terdapat banyak sekali program bootcamp dan jumlah peminatnya. Dari bootcamp ini, kamu dapat belajar technical skill tertentu yang dibutuhkan di dunia kerja atau karier impian kamu.

Kenapa orang-orang ikut bootcamp? Banyak sekali orang-orang yang ingin mengenal bootcamp hingga manfaatnya yang akan didapatkan saat mengikuti bootcamp ini. Manfaatnya seperti bisa belajar dari 0 bersama ahlinya, mendapatkan teman baru, menguasai skill baru, biaya yang lebih affordable, dan masih banyak manfaat lainnya.

Bootcamp adalah sebuah program dengan format pelatihan yang dilakukan secara intensif dan mendalam dengan materi-materinya yang disusun secara relevan dengan karier bidang tertentu. Beberapa tahun lalu masih cukup jarang sekali bootcamp untuk beberapa bidang karena paling banyak ada untuk bidang IT saja, seperti bootcamp coding. Tetapi seiring perkembangan zaman, kini sudah banyak sekali bootcamp untuk berbagai bidang keahliannya, misalnya seperti UI/UX, SEO, Copywriting, Digital Marketing, Staff Administrasi, dan lainnya.

Jenis bootcamp terbagi lagi menjadi dua:

  • Synchronous (live online bootcamp)
    Instruktur dan peserta dari bootcamp bertemu dalam sebuah media untuk berdiskusi. Biasanya kelas dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Melalui synchronous ini peserta dan instruktur dapat menggunakan misalnya seperti video call, online meeting menggunakan zoom atau google meeting, chatting, dan lain sebagainya.
  • Asynchronous (online bootcamp)
    Hampir sama tetapi untuk yang satu ini dilakukan tanpa jadwal yang mengikat. Peserta dapat mengakses sendiri dan menyelesaikan materi-materi serta tugas yang diberikan sesuai tenggat waktu. Melalui online bootcamp ini, peserta dan instruktur tidak bisa berinteraksi secara langsung. Pilihan online bootcamp ini akan cocok jika kamu adalah pekerja paruh waktu yang mempunyai banyak agenda.

Apakah bootcamp sama saja seperti kursus online? Persamaan keduanya terlihat dari tujuannya yang sama-sama untuk meningkatkan keterampilan tertentu. Namun, keduanya berbeda. Biasanya kursus online ini berlangsung lebih singkat daripada bootcamp. Selain itu juga bootcamp menawarkan dasar yang lebih luas dari setiap keterampilan yang dipelajari. Hal ini tentunya bisa membantu kamu dalam mempersiapkan diri memulai karier impian kamu atau untuk mengejar peluang karier baru. Biasanya bootcamp dilakukan dalam jangka waktu sekitar 12-48 minggu. 

Apa saja ya manfaat dari bootcamp?

1. Belajar dari mentor/praktisi yang sudah mempunyai pengalaman

Biasanya ketika kamu mengikuti bootcamp maka kamu akan belajar teknikal skill tertentu langsung dari mentor atau praktisi profesional yang sudah berpengalaman. Hal ini merupakan kesempatan yang bagus pastinya untuk kamu dapat belajar sebanyak-banyaknya supaya bisa menguasai skill dengan baik dan maksimal. Dengan belajar bersama para ahli ini, tentu akan lebih banyak yang kamu pahami dibandingkan belajar sendirian.

2. Dapat membangun portofolio real project

Jika kamu ingin membangun portofolio kamu maka manfaat ini akan kamu dapatkan. Dengan mengikuti bootcamp biasanya akan ada tugas atau proyek yang harus dikerjakan. Nah tugas/proyek ini lah yang dapat kamu gunakan sebagai portofolio kamu. Misalnya kamu mengikuti bootcamp digital marketing dan mempunyai portofolio membuat Facebook Ads, Google ads, Landing Page, Market Analysis, dan lainnya.

3. Bertemu orang baru dan membangun networking

Biasanya yang mengikuti bootcamp baik secara live online bootcamp atau online bootcamp adalah peserta dengan latar belakang yang berbeda-beda dari berbagai daerah. Tugas-tugas yang dikerjakan juga secara kelompok. Hal ini merupakan kesempatan yang bagus sekali untuk melatih skill komunikasi, kolaborasi, dan juga kerja sama kamu dengan orang lain.

4. Berkesempatan untuk dapat karier baru

Berkesempatan untuk dapat karier baru
Melalui bootcamp ini biasanya kamu dapat belajar tentang skills apa saja yang sedang dibutuhkan di dunia kerja. Terutama jika kamu masih fresh graduate dan masih kebingungan ingin berkarier di mana, bidang, atau masih bingung mau mengasah skill seperti apa atau bahkan sudah bekerja tetapi ingin switching career alias berpindah karier maka kamu dapat mempelajari hard skill tersebut melalui bootcamp ini.

5. Dapat belajar skill baru dalam waktu yang singkat

Bootcamp memang didesain untuk diselesaikan dalam waktu yang singkat dan tidak dalam waktu yang panjang layaknya kita yang berada di pendidikan formal yang perlu menyelesaikan beberapa semester. Melalui bootcamp ini kamu dapat mempelajari skill baru dalam waktu yang cukup singkat, biasanya 12-48 minggu dan meskipun begitu kamu akan mendapatkan pembelajaran yang insentif. Tidak perlu khawatir karena biasanya bootcamp ini sudah berfokus pada satu keterampilan. Kamu juga akan mendapatkan proyek yang sesungguhnya di lapangan sehingga nantinya kamu dapat mengaplikasikannya langsung ilmu yang kamu dapatkan dari bootcamp.

6. Meningkatkan value dan kualitas diri kamu

Belajar melalui bootcamp akan membuat kami mengalami peningkatan keterampilan, mempunyai portofolio yang sesuai dan dapat belajar soft skill lainnya seperti komunikasi dan kerja sama tim. Hal ini pastinya dapat menambah nilai jual dan kualitas diri kamu di mata HRD atau atasan. Dengan keterampilan yang terus berkembang ini kamu dapat memperbesar peluang mendapat pekerjaan impianmu, memperoleh kenaikan gaji yang sesuai, mendapatkan kerja baru, mendapatkan promosi, dan lainnya.

Setelah kamu mengenal bootcamp hingga manfaatnya, banyak sekali bukan manfaat yang bisa didapatkan? Saat ini biasa nya untuk mengikuti bootcamp sudah banyak yang terjangkau namun dengan kualitas yang bagus. Seperti di belajarlagi myskill dan lainnya!

Jangan lupa juga untuk membaca artikel mengenai persiapan kerja lainnya seperti cara membuat surat lamaran kerja

Sampai berjumpa lagi!

Leave a Reply