Tips Pindah Jalur Karier yang Perlu Kamu Tahu!

Ilustrasi berpindah jalur karier
Ilustrasi sedang balap karier

Sejatinya, bahwa pindah jalur karier merupakan sesuatu yang cukup biasa. Tips pindah jalur karier kali ini perlu kamu ketahui agar lancar dalam menjalankannya. Namun, kamu harus ingat bahwa transisi ini bukanlah hal yang mudah. Nah lalu apa saja nih yang harus kamu perhatikan saat ingin berpindah jalur karier?

Berikut tips pindah jalur karier yang bisa kamu lakukan!

  • Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini didasarkan bahwa tren di setiap industri itu akan terus berubah, maka kamu harus mau belajar supaya tetap relevan dengan perubahan tersebut.
  • Tidak perlu merasa minder dengan pekerja atau orang-orang yang sudah mempunyai pengalaman lebih lama. Justru kamu harus jadikan hal ini sebagai pacuan menjadi individu yang lebih kompetitif.
  • Sesulit apapun materi yang sedang dipelajari maka hal tersebut tetap harus dilakukan! Kamu harus tetap semangat dan terus belajar hal-hal baru karena hal ini merupakan satu-satunya cara supaya kamu dapat sukses pindah jalur karier.
  • Mengikuti bootcamp dan serap semua pelajaran dengan baik dan saksama ya! Karena pada bootcamp ini para peserta akan diajarkan berbagai hal mengenai karier tersebut. Hal ini cukup penting pastinya!

Tantangan yang dapat dihadapi saat pindah jalur karier

Berpindah jalur karier bukanlah sesuatu hal yang mudah dan santai! Ketika keputusan tersebut kamu buat, kamu atau job seeker akan berhadapan dengan berbagai tantangan yang belum pernah ditemukan!

Apa saja kira-kira tantangan tersebut?

  • Pindah jalur karier tidak hanya sekadar “pindah kerja”, kamu akan mengalami perubahan total lingkungan bahkan hingga jenjang karier
  • Kamu akan belajar ulang dan dipaksa harus terus belajar supaya mampu mengerjakan peranmu di karier yang baru tersebut
  • Kamu harus memulai dari nol lagi dan menerima gaji setara dengan fresh graduate
  • Persaingan dengan para lulusan yang sudah mempelajari karier yang kamu inginkan tersebut

Manfaat berpindah jalur karier

Bagi sebagian orang, mempunyai keinginan untuk pindah jalur karier mungkin dapat menimbulkan rasa bersalah pada diri sendiri. Namun, berpindah jalur karier ini juga dapat berdampak positif juga untuk diri sendiri, misalnya beberapa poin berikut:

  • Meningkatkan kemampuan diri kamu
  • Meningkatkan kemungkinan menambah penghasilan
  • Mencegah stress, terlebih jika kamu bekerja di bidang yang kamu sukai (sesuai passion)
  • Memperluas jaringan pertemanan

Itulah beberapa tips, tatangan, dan manfaat yang biasanya ditemukan ketika akan berpindah jalur karier.

Pada intinya, walaupun berpindah jalur karier itu berat, bukan berarti tidak mungkin bahwa kamu tidak bisa menjalankannya! 

Jangan lupa tanamkan dan perlu diingat bahwa perlu untuk terus berusaha dan jangan pernah berhenti mempelajari hal-hal baru. Sebab, satu-satunya cara bagi kamu untuk berhasil pada perpindahan jalur karier baru adalah dengan terus belajar!

Jika saat ini kamu sedang mempersiapkan persiapan kerja seperti membuat CV, portofolio dan surat lamaran kerja kamu dapat langsung mengunjungi GetHired karena di sana kamu dapat langsung membuat file-file yang dibutuhkan hanya dengan mengisikan data-data yang diperlukan saja loh!

Semoga kamu dapat sukses ya! Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel yang dapat kamu baca melalui blog ini!

Leave a Reply