11 Tips Belajar Coding untuk Pemula Secara Online

Tips belajar coding bagi pemula
Tips belajar coding bagi pemula

Salah satu skill profesional yang dibutuhkan dalam dunia kerja adalah coding. Coding saat ini tidak hanya dapat dipelajari di bangku kuliah atau melalui pendidikan formal yang sejenisnya. Perkembangan zaman yang semakin pesat, membuat perusahaan-perusahaan mencari orang-orang dengan kemampuan coding yang baik. Kamu dapat mempelajarinya dengan berbagai cara dan melalui artikel berikut ini kamu akan memberikan tips belajar coding pemula yang dapat kamu lakukan secara online!

1. Memahami konsep dasar coding

Sebelum mempelajari berbagai bahasa pemrograman, kamu harus memahami lima konsep yang menjadi dasar dari coding. Konsep dasar tersebut di antaranya:

Variabel. Ini adalah nilai, angka, character string, maupun memory address yang memungkinkan programmer untuk membuat suatu program.

Control structure, yakni serangkaian blok pemrograman yang menganalisis variabel dan menentukan arah selanjutnya.

Struktur data. Ini merupakan format khusus untuk menganalisis dan menyimpan data sesuai tujuan tertentu.

Syntax, yaitu kode atau script yang dipahami oleh komputer guna mencapai tujuan programmer.

Tools, atau serangkaian program komputer yang diperlukan untuk menciptakan, memelihara, mendukung, serta menjalankan debug terhadap program maupun aplikasi lainnya.

2. Memilih bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman yang kamu pilih tergantung pada tujuan coding itu sendiri. Jadi, tentukan terlebih dulu tujuan coding agar kamu dapat memilih bahasa pemrograman sekaligus sumber pembelajaran yang akan digunakan.

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah situs tentu berbeda dengan yang diperuntukkan bagi perancang mobile game.

Untungnya, kebanyakan bahasa coding memiliki konsep dasar yang mirip sehingga bisa diterapkan oleh pemula sekalipun.

3. Mempelajari bahasa pemrograman satu demi satu

Saat belajar coding sebagai pemula, kamu sebaiknya fokus untuk belajar satu jenis bahasa pemrograman sebelum mempelajari yang lain. Hal ini bertujuan agar kamu tidak kebingungan atau mencampurkan berbagai macam syntax.

Awali dengan mempelajari bahasa pemrograman yang sederhana seperti bahasa pemrograman Python, JavaScript, atau HTML/CSS.

Namun, kamu mungkin perlu mempelajari HTML dan CSS secara bersamaan jika kamu berencana mengembangkan situs. Pasalnya, kedua bahasa pemrograman ini biasanya perlu digunakan secara bersamaan.

4. Mempelajari dasar setiap bahasa pemrograman

Mempelajari bahasa pemrograman apa pun harus dimulai dari dasar-dasarnya. Misalnya, jika kamu hendak mempelajari Python, cobalah mengawali dari bagian pengenalan dan tutorial.

Uraikan satu proyek yang besar menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana. Tidak ada salahnya menghabiskan beberapa hari untuk mempelajari satu langkah sebelum memulai yang lain. Setelah kamu menguasai tutorial, coba hapus kembali dan ulangi dari awal.

5. Mengikuti kursus coding

Beragam online course kini tersedia untuk pengguna yang ingin belajar coding mulai dari dasarnya. Bentuk online course amat beragam, mulai berbasis teks, video tutorial, hingga yang paling mutakhir berupa course interaktif.

Course interaktif bahkan lebih efektif karena adanya praktik langsung mengenai materi spesifik.

Kamu dapat mencoba belajar secara gratis melalui situs-situs seperti Codecademy, Code.org, KhanAcademy, bahkan Scratch yang dapat digunakan oleh semua usia.

Saking banyaknya platform yang menyediakan belajar coding, kamu juga bisa mengikuti rekomendasi kursus docker gratis atau mendaftar online course melalui Udemy.

6. Mempelajari coding yang dibuat oleh orang lain

Kamu bisa menemukan potongan coding dengan mudah karena coding dan programming adalah open source yang bisa diakses semua orang. Cobalah temukan coding yang sederhana, lalu amati aspek berikut:

  • Apakah metode yang digunakan pada setiap line coding sudah efektif?
  • Apakah ada kesalahan dalam potongan coding tersebut?
  • Bagaimana cara mengubah suatu kode agar fungsinya berubah?

7. Mempelajari coding melalui game online

Ini mungkin menjadi hal yang mengasyikkan sebagai tips belajar coding. Pasalnya kamu bisa belajar coding android sembari mempelajarinya melalui game online yang dibuat oleh developers. 

Banyak game online yang kini dibuat berdasarkan bahasa pemrograman JavaScript, C++ hingga Java, contohnya adalah Counter Strike, Angrybirds, Polycraft, Football Pro dan sebagainya. 

Melalui game online ini kamu bisa mempelajari desain gamenya hingga kesulitan yang dimunculkan oleh developers di dalam game tersebut. 

8. Belajar coding dari buku

Meski tergolong konvesional tetapi, lewat buku kamu bisa belajar coding gratis bahasa Indonesia yang bisa kamu dapatkan di perpustakaan tempat tinggalmu atau buku yang kamu pinjam dari teman. 

Ada banyak buku pemrograman yang bisa kamu temukan. Beberapa di antaranya buku ‘Coding membuat program’ karya Elizabeth Tweedale yang sudah dialihbahasakan dalam terjemahan bahasa Indonesia. Lalu ada juga buku ‘Belajar Coding Android bagi pemula’ karya Yuniar Supardi.

9. Ciptakan program yang solutif

Tips belajar coding pemula berikutnya, mulai ciptakan program yang solutif. Implementasikan skill coding kamu menjadi produk bermanfaat. Seperti website, apps, sistem, dsb. Selain membangun pengalaman, membuat program yang solutif akan memberi banyak insight ke kamu. Kamu akan paham cara mengembangkan suatu fitur, menghadapi error, hingga menciptakan sesuatu dengan efisien dan efektif.

10. Terus upgrade skill coding dari berbagai sumber

Belajar coding itu tidak ada habisnya. Pasalnya, bahasa pemrograman selalu berkembang dan merilis versi-versi terbaru.

Karena itu, kamu harus rajin upgrade skill. Tips belajar coding ini bisa kamu lakukan lewat berbagai sumber, semisal:

  • Baca buku pemrograman;
  • Tonton tutorial ngoding lewat YouTube atau platform streaming video lainnya;
  • Gabung komunitas/forum coding yang relevan;
  • Ikutan kursus coding atau web development, seperti Niagahoster Course;
  • Berpartisipasi dalam webinar/event development. Misalnya, Devcussion, Tech in Asia Conference, dll;
  • Langganan blog web development untuk mendapatkan info terbaru seputar programming.

Tidak usah terlalu tegang saat belajar coding. Mengikuti tips di atas kamu bisa mengasah skill sambil jalan. Sehingga, wawasan tetap rutin terupgrade tanpa memberi beban berlebih ke pikiran.

11. Carilah mentor

Ada banyak komunitas programming yang bisa kamu ikuti. Dengan bergabung di komunitas-komunitas ini, kamu dapat bertemu dengan banyak programmer dan developer yang bisa kamu jadikan teman diskusi atau bahkan mentor dalam proses belajar coding.

Pengalaman, nasihat dan feedback mereka akan menambah pengetahuan dan pengalaman belajar coding untuk pemula sepertimu. Tidak menutup kemungkinan setelah kamu menjadi handal, giliran kamu yang menjadi mentor bagi para pemula lainnya.  

Pada dasarnya, tidak ada metode belajar coding terbaik yang dapat diterapkan kepada semua orang. Kamu perlu mengenal berbagai bahasa pemrograman dari sumber pembelajaran yang amat beragam agar bisa menemukan apa yang membuatmu nyaman.

Mempelajari coding dan programming juga memerlukan waktu dan kesabaran, tapi hasilnya akan terbayar dengan skill yang mumpuni. Jadi, jangan menyerah dan teruslah kembangkan potensi yang kamu miliki.

Nah itu tips belajar coding pemula yang dapat kamu lakukan secara online! Kamu dapat mulai melakukan tips-tips yang diberikan untuk meningkatkan kemampuan kamu, apalagi jika memang kamu ingin berkarier di dunia IT!

Jika saat ini kamu sedang mempersiapkan persiapan kerja seperti membuat CV, portofolio dan surat lamaran kerja kamu dapat langsung mengunjungi GetHired karena di sana kamu dapat langsung membuat file-file yang dibutuhkan hanya dengan mengisikan data-data yang diperlukan saja loh!

Leave a Reply