Tips Mencari Pekerjaan

Mencari pekerjaan adalah hal yang susah-susah gampang. Bisa dibilang mencari pekerjaan sama sulitnya seperti mencari pasangan, banyak pilihan namun belum tentu ada yang cocok. Sudah cocok pun belum tentu bisa bertahan lama. Jadi jika kamu sudah cukup lama mencari pekerjaan dan belum ketemu yang cocok juga, jangan kuatir, bukan kamu saja kok, hampir semua orang juga mengalaminya. Apalagi jika kamu adalah seorang fresh graduate. Kuncinya dalam mencari pekerjaan adalah: jangan pantang menyerah dan tetap berusaha. Namun sambil mencari kerja jangan sia siakan waktu ya, tambah skill mu dengan banyak ketrampilan baru sehingga pencarian kerja mu jadi lebih mudah juga. ^-^

Berikut ini beberapa tips mencari kerja yang bisa kamu pakai untuk mendapatkan pekerjaan impianmu:

  1. Tentukan apa pekerjaan yang kamu inginkan yang sesuai dengan kemampuanmu saat ini. Misalnya jika kamu lulusan SMA, pelajarilah bidang pekerjaan apa aja yang tersedia untuk mu dan tentukan apakah kamu ingin melakukan pekerjaan tersebut.
  2. Cari informasi lowongan kerja sebanyak banyaknya. Untuk kamu yang mencari pekerjaan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya dan Jogja, lowongan kerja banyak tersedia informasinya secara online seperti di portal lowongan kerja semacam jobstret, glints, gethired.id. Informasi lowongan kerja juga bisa dicari di instagram dengan hastag #lokerjakarta, #lokersurabaya #lokerjogja dll. Sedangkan untuk kamu yang mencari pekerjaan di kota-kota kecil mungkin tidak semudah itu mencari info lowongan kerja. Kamu bisa mulai dengan bertanya kepada kenalanmu yang sudah bekerja jika dia memiliki info lowongan pekerjaan di kantornya. Nah menariknya sekarang ini banyak lho pekerjaan yang bisa dikerjakan secara remote alias dari jarak jauh. Pekerjaan remote pun sekarang sangat beragam, mulai dari customer service, copywriting, content production, youtuber, programmer web, programmer game, dan banyak lainnya. untuk info lain mengenai pekerjaan-pekerjaan remote ini kamu bisa klik disini
  3. Buat lamaran kerja yang sempurna. Buatlah lamaran kerjamu sempurna dan lengkap namun tidak berlebihan sehingga memudahkan orang yang menyeleksi lamaranmu. Klik disini untuk tata cara membuat lamaran kerja
  4. Jangan asal melamar pekerjaan. Pastikan melamar pekerjaan yang relevan sesuai dengan kemampuanmu.
  5. Mintalah feedback. Jika kamu tidak diterima pada suatu pekerjaan, jika memungkinkan mintalah saran dari pewawancara apa yang membuatmu tidak diterima. Tidak selalu hal ini memungkinkan, bersyukurlah jika ada yang mau memberimu masukan tentang hal ini. Teruslah memperbaiki diri dengan berdasarkan feedback yang kamu terima.
  6. Berlatihlah sebelum wawancara kerja. Untuk kamu yang baru memulai, wawancara kerja bukan hal yang boleh dianggap sepele, kamu harus mempersiapakan diri sebaik baiknya. Klik disini untuk tips wawancara kerja.
  7. Ikutilah magang. Jika kamu belum juga mendapatkan pekerjaan yang sesuai carilah pengalaman magang. Ketika magang, kamu tidak dibayar penuh seperti karyawan biasa, namun kamu akan mendapatkan pengalaman berharga tentang suatu bidang pekerjaan yang bisa menjadi modalmu untuk melamar pekerjaan berikutnya. Tunjukkan kesungguhanmu saat mengikuti magang, biasanya perusahaan akan melihat usahamu dan mempertimbangkan untuk mangangkatmu sebagai karyawan.
  8. Kuatkan mental dan banyak Berdoa. Klise, namun mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. satu perusahaan besar ketika membuka posisi untuk satu pekerjaan bisa dilamar oleh ribuan orang, tentu saja sekian ribu lamaran juga akan ditolak, jadi biasakan diri untuk mendapatkan penolakan ketika sedang mencari kerja. Tetaplah konsisten dan jeli melihat peluang.

Penutupnya : jangan mudah menyerah, dimana ada kemauan, disana ada jalan. Ganbatte!

Leave a Reply