11 Cara Menjadi Programmer Hebat dan Handal

cara menjadi programmer
Ilustrasi menjadi programmer

Menjadi programmer hebat dan handal pastinya tidak begitu saja dan perlu adanya proses pengembangan keahlian yang bertahan tiap waktunya. Lalu bagaimana cara menjadi programmer yang dapat terus mengikuti perkembangan zaman? Simak artikel berikut ini ya!

(baca juga: perbedaan programmer dan developer)

1. Bulatkan Tekad Ingin Menjadi Programmer

Tanyakan lagi ke diri kita, “Apakah akan serius ingin menggeluti dunia programming atau hanya mengikuti trend saja?”

Apalagi melihat bahwa 5 tahun belakang ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan gaji yang menggiurkan untuk programer. Sehingga banyak orang ingin beralih profesi menjadi seorang programmer.

Namun ketika sudah mulai belajar untuk menekuni dunia programming ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Oleh karena itu, sekali lagi maka coba tanya kepada diri kita, apakah serius dan siap menerima segala resiko yang akan dialami atau hanya sepintas saja?

2. Mengerti dan Paham Istilah-istilah dalam Dunia Programming

Langkah kedua adalah kamu harus mengerti dan paham istilah-istilah yang ada di dunia programming. Beberapa istilah yang sering digunakan adalah:

  • Variabel
  • Tipe data
  • Debugging 
  • Maintenance
  • Flowchart dan Algoritma
  • User Interface
  • User Experience, dan banyak lainnya

3. Tentukan Salah Satu Bahasa Pemrograman yang Ingin Dikuasai

Cara menjadi programmer selanjutnya adalah kamu harus paham dengan istilah-istilah dalam programming, biasanya akan mudah dipahami ketika kamu mulai belajar menulis kode-kode dasar program. Tetapi pastinya sebelum mulai menulis kode-kode program tadi kita harus memilih dulu bahasa pemrograman apa yang akan digunakan. Bahkan ada banyak sekali bahasa pemrograman saat ini. Dari sekian banyak ini, maka pilih salah satu saja. Jika satu bahasa pemrograman sudah dikuasai maka pelajar bahasa yang lain. Pemilihan bahasa pemrograman ini dapat disesuaikan dengan fokus yang ingin dikuasai.

4. Buat Jadwal Belajar dengan Konsisten

Apabila kamu sudah membuat keputusan belajar programmer secara otodidak maka perlu menyusun jadwal belajar agar tetap konsisten. Hal tersebut dimaksudkan agar kamu tidak mudah bolos karena yang memegang kendali adalah diri kamu sendiri. 

Konsisten menjadi kunci sukses seseorang, tak terkecuali saat ingin menjadi programmer. Tidak perlu belajar dalam waktu lama, cukup luangkan 1-2 jam sehari untuk belajar bahasa pemrograman. Lakukan setiap hari agar mendapat hasil yang maksimal.

5. Saatnya Coding

Jika kamu sudah menentukan salah satu bahasa pemrograman dan ingin fokus menjadi programmer web, mobile, atau desktop makal langkah yang dapat dilakukan adalah mempelajari bahasa pemrograman tersebut dari dasar. Beberapa metode belajar yang dapat kamu terapkan:

  • Otodidak
  • Mengikuti kursus offline
  • Mengikuti Bootcamp

6. Membuat Program Aplikasi Sederhana

Dasar-dasar pemrograman yang sudah dipelajari bahkan dikuasai tidak berarti apa-apa jika kamu tidak mempraktekkannya dengan cara membuat program-pemrograman yang sederhana.

Saat belajar pemrograman Android menggunakan Android Studio kita dapat membuat beberapa aplikasi sederhana: 2 alasannya adalah:

  • Membuat aplikasi kalkulator
  • Membuat aplikasi konversi suhu
  • Membuat aplikasi konversi uang
  • Membuat aplikasi wallpaper
  • Membuat aplikasi pemesanan makanan, dan lainnya

7. Bergabung dengan Forum atau Grup Pemrograman

Belajar apa saja tidak akan lurus saja jalannya. Begitu juga ketika belajar pemrograman, kode-kode yang kamu tulis untuk mengembangkan aplikasi akan sangat banyak bisa ratusan, ribuan, bahkan jutaan kode. Kembali lagi pada tingkat kompleksitasnya.

Nah ketika mengalami error ini sudah mentok dan tidak dapat mengatasinya sendiri maka solusinya adalah membaca dokumentasi dari situs resmi. Beberapa ada yang sering membaca stackoverflow (website tanya jawab untuk permasalahan programming).

Selain itu juga kamu dapat bergabung pada grup Facebook, WhatsApp, dan Telegram. Kami sarankan untuk bergabung ke grup bahasa pemrograman yang sedang kamu pelajari.

8. Buat Portfolio yang Menarik

Jangan lupa untuk mendokumentasikan hasil karya kamu membuat aplikasi kepada orang lain. Dengan ini maka kamu dapat mendapatkan feedback dari orang yang menguji program aplikasi yang sudah kita bagikan tersebut. 

Cara mendokumentasikannya bagaimana? Yakni dengan membuat portfolio secara online. Portofolio secara online ini dapat dibuat secara gratis maupun berbayar. Jika kamu ingin gratis maka dapat membuat website portfolio menggunakan wordpress.com atau blogger.com atau dapat juga upload hasil karya kamu ke situs github.

Jika kamu mempunyai biaya untuk membeli domain dan hosting sendiri maka lebih baik membuat website/blog dengan domain berbayar. Semakin menarik karya yang kamu punya dan pajang pada portofolio, maka akan semakin baik penilaian orang lain terhadap skill programming yang telah kamu miliki.

9. Cari Project via Situs Online

Setelah kamu merasa punya cukup skill maka jangan berhenti dan malah mendiamkannya. Cobalah cari proyek-proyek seperti di facebook atau dari situs-situs freelancer seperti upwork, sribulancer, dan lainnya. Dengan mengerjakan proyek atau mengembangkan suatu aplikasi maka skill, ilmu, dan pengalaman programming kamu akan semakin terasah dan pastinya bertambah. 

10. Belajar Tanpa Henti

Jangan pernah berhenti belajar. Jangan pernah merasa puas dengan kemampuan programming kamu. Dunia programming sangatlah dinamis. Maka kamu perlu kedinamisan untuk menyikapi ini dan selalu pelajari hal-hal baru yang belum kamu ketahui di dunia programming.

11. Evaluasi Hasil

Dari hasil praktik yang dilakukan tentu kamu akan menemui beberapa kesalahan. Kesalahan tersebut bisa menjadi bahan evaluasi yang perbaikan selanjutnya. Jangan juga berpuas diri ketika berhasil membuat sebuah program, teruslah belajar dan melakukan evaluasi terhadap hasilnya. Bisa saja program yang kamu buat mengalami debug sehingga perlu perbaikan lebih lanjut. Apabila kamu sudah berusaha memperbaikinya tapi tidak kunjung berhasil maka saatnya bertanya kepada ahli. Mereka akan memberikan evaluasi terhadap program yang sudah kamu buat. Jadikan masukan ahli sebagai pelajaran berharga. Dengan senantiasa melakukan evaluasi hasil, tidak hanya kemampuan melakukan pemrograman saja yang meningkat tetapi juga kemampuan pemecahan masalah kamu.

Bagaimana dengan 11 cara menjadi programmer tersebut? Apakah kamu sudah merasa menjadi programmer yang hebat dan handal? Jika sudah kamu bisa melakukan tes skill programming kamu di GetHired Devcode loh! Yuk daftar sekarang juga!

Leave a Reply